Urutan Processor Intel dari Terendah sampai Tertinggi LENGKAP!

Urutan Prosesor Intel – CPU (Centra Processing Unit) atau processor merupakan komponen vital pada sebuah komputer yang berfungsi sebagai otak dalam menjalankan semua perintah input output. Bentuknya sendiri seperti IC (Integrated Circuit) terstruktur yang terletak pada socket di Motherboard.

Banyak orang awam melihat spesifikasi atau kekuatan laptop/komputer hanya dari processor apa yang dipakai, Namun meskipun begitu, apabila tidak di dukung dengan komponen lain yang juga memadai maka kinerja processor-pun juga tidak akan maksimal.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa sih perkembangan processor dari terendah sampai tertinggi.

Urutan Processor Intel Berdasarkan Spesifikasi

Berdasarkan spesifikasinya, Intel hadir dengan membagi produknya dalam berbagai segmentasi pasar. Adapun di tiap-tiap segmen tersebut Intel menyediakan performa sesuai dengan kebutuhan.

Untuk harga jualnya-pun tentu berbeda-beda, semakin besar dan tinggi spesifikasi yang di tawarkan maka semakin mahal juga harga yang harus di keluarkan.
Berikut ini urutan processor inter berdasarkan spesifikasi mulai dari tingkatan paling rendah hingga paling tinggi.

Intel Celeron

Processor Intel Celeron
noteboox.de

ini merupakan generasi processor pertama atau tingkatan paling bawah yang di keluarkan Intel untuk kebutuhan komputing pemula. Processor ini dibekali dengan pilihan 2 atau 4 core dengan kecepatan clock 3.2 Ghz.

Mungkin untuk sekarang ini processor ini sudah jarang digunakan karena memiliki beberapa kekurangan dan juga kinerja yang belum memadai.

Intel Pentium

Processor Intel Pentium
shopee.co.id

Berbeda dari generasi sebelumnya, Intel pentium di sini sedikit lebih mahir dalam hal performa. Adapun kecepatan maksimalnya sudah mencapai 3.9 Ghz dengan dukungan kualitas komputing yang lebih baik.

Processor intel pentium ini juga sempat mengalami beberapa perkembangan mulai dari Pentium Pro, Pentium II, Pentium III,  Pentium 4, Pentium M, Pentium D, Pentium Extreme Edition dan seterusnya.

Intel Core i3

Processor Intel Core i3
cfa.ltd

Bagi Anda yang membutuhkan komputer / laptop untuk mengerjakan tugas yang agak berat bisa memilih processor intel core i3. Jadi processor ini dibekali dengan pilihan 2 atau 4 core serta memiliki kecepatan mencapai 4 Ghz.

Intel Core i5

Processor Intel Core i5
outletpc.com

Hadir dengan teknologi Turbo Boost serta kecepatan yang lebih tinggi tentu processor jenis masuk dalam kategori kelas atas.

Apabila generasi sebelumnya hanya di bekali 2 atau 4 core, di sini sudah tersedia pilihan 4 hingga core dengan kecepatan maksimalnya 4.3 Ghz. Bahkan di dalamnya juga telah ditambah dengan dukungan video 360 derajat dan streaming kontan 4K.

Intel Core i7

Processor Intel Core i7
dexacom.co.id

Processor generasi ke-8 ini hadir dengan pilihan 4 sampai 6 core serta kecepatan maksimalnya mencapai 4.5 Ghz. Tentu semua pekerjaan berat bisa di lahap dengan mudah dengan Processor tipe ini.

Selain itu penambahan teknologi dalam hal grafisnya juga membuatnya jauh lebih bisa di andalkan.

Intel Core i9

Processor Intel Core i9
wccftech.com

Processor intel terbaru dengan performa jauh melampau generasi sebelumnya ini di bekali 6 core dengan kecepatan maksimal 4.8 Ghz.

dengan teknologi Intel Optane yang sudah di sematkan di dalamnya, membuatnya masuk dalam kategori komputer super kencang dalam menjalankan berbagai macam pekerjaan.

Intel Core X-Series

Processor Intel Core X-Series
caseking.de

Untuk saat ini Core X-Series masih menjadi Top performa dalam generasi processor intel.
Bahkan processor ini sudah di bekali 18 core dengan 36 thread, sehingga bisa di katakan performanya tidak perlu di ragukan lagi.

Urutan Processor Intel Berdasarkan Generasi

Nehalem

Nehalem merupakan generasi processor intel pertama yang memiliki performa bagus dengan menawarkan efisiensi dari segi daya. Jenis processor ini akan menelan daya sesuai dengan lama penggunaannya atau ketika processor sedang berjalan. Apabila processor sedang tidak berfungsi maka daya juga tidak akan berkurang. Tidak semua processor memiliki fitur unik ini.

Kelebihan Nehalem terletak pada konsep penggabungan, contohnya saja pada RAM. Dengan adanya penggabungan antara RAM dan processor, membuat kinerja RAM menjadi cepat dan tidak mudah panas bahkan ketika digunakan untuk menyimpan memori dalam jumlah banyak. Sebagai urutan processor intel generasi pertama, Nehalem sudah bagus.

Sandy Bridge

Sandy Bridge sebenarnya lebih akrab disebut sebagai processor intel generasi kedua karena memang tampil setelah Nehalem. Secara umum, performa generasi kedua tentunya lebih bagus dibandingkan generasi pertama dan Sandy Bridge mengklaim memiliki performa 40-60% lebih maksimal. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kelebihan yang dimiliki.

Dibandingkan pendahulunya, teknologi yang digunakan oleh generasi kedua juga lebih  efisien. Teknologi yang digunakan adalah fabrikasi yang mampu meningkatkan performa lewat GPU yang ditanamkan di dalam processor. Teknologi tersebut juga bisa membantu proses pengolahan grafis menjadi lebih menawan, bahkan tampilannya akan lebih jernih.

Teknologi clock speed dari Sandy Bridge sudah mencapai angka 2.3 GHz yang akan semakin bertambah apabila turbo boost dinyalakan. Fungsi dari teknologi turbo boost pada processor ini adalah secara otomatis membantu untuk memindahkan daya inti grafis dan meningkatkan performa agar semakin kencang.

Ivy Bridge

Tidak berhenti hanya dengan dua generasi saja, urutan processor intel berlanjut pada generasi ketiga. Sama seperti generasi sebelumnya, terdapat beberapa perbedaan yang cukup besar dari masing-masing generasi sehingga perlu diketahui apa saja perbedaan tersebut agar bisa menentukan pilihan karena kebutuhan PC setiap orang berbeda-beda.

Perbedaan sekaligus keunggulan paling mencolok pada Ivy Bridge terletak pada pemanfaatan teknologi fabrikasi yang lebih unggul daripada sebelumnya. Jika sebelumnya teknologi fabrikasi yang digunakan kurang dari 22 nm, kini pada processor satu ini sudah lebih dari 22 nm. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada sistemnya yang semakin cepat.

Haswel

Haswel adalah salah satu urutan processor intel nomor empat yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013.  Meskipun teknologi fabrikasi yang digunakan memiliki ukuran yang sama dengan Ivy Bridge, Haswell tetap memiliki beberapa keunggulan yang belum ada pada generasi sebelumnya, yakni peningkatan performa GPU atau media grafis yang kencang.

Tidak hanya itu, masalah kecepatan processor juga menjadi nilai plus bagi Haswell. Bahkan kecepatan yang dihadirkan bisa mencapai angka di atas 3.4 GHz. Angka tersebut tentunya cukup fantastis terlebih bisa juga dimanfaatkan untuk pengolahan grafis yang lebih tinggi skalanya. Meskipun tingkat kecepatan tinggi tetapi penggunaan baterai tetap sangat hemat.

Haswel sudah menggunakan internal grafik yang lebih canggih, yakni sistem Iris. Dengan sistem tersebut aplikasi akan terdorong untuk tampil dengan bagus bahkan game juga tampak lebih menarik dibandingkan dengan versi aslinya. Selain itu, secara keseluruhan processor ini sangat cocok digunakan sehari-hari.

Broadwel

Urutan processor intel selanjutnya atau yang kelima adalah Broadwel. Desain dari processor satu ini tampak lebih kecil dan ringkas sehingga tidak heran apabila daya yang dibutuhkan juga sangat hemat. Banyak yang tidak mengetahui apabila meskipun ukuran dari processor satu ini kecil, manfaat yang ditawarkan menjadikan laptop atau PC semakin performatif.

Kelebihan yang ditawarkan oleh processor satu ini adalah sistem pengolahan grafisnya yang sudah sangat canggih. Performanya tidak hanya dibekali dengan HD Graphic 5500 saja, tetapi juga sudah menggunakan Graphics 6100. Selain itu, fitur hemat daya yang disediakan oleh Broadwell mampu membuatnya bertahan dalam waktu lama meski sering digunakan.

Skylake

Skylake masuk dalam urutan processor intel keenam yang masih menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Namun, tentunya tidak hanya teknologi fabrikasi saja yang digunakan tetapi juga Speed Shift. Dibandingkan sebelumnya, teknologi ini menawarkan kecepatan dengan mesin yang sangat stabil dalam artian tidak mudah panas.

Pihak Skylake juga mengklaim apabila memiliki performa 50% lebih tinggi dibandingkan dengan performa yang ada pada generasi sebelumnya. Urutan processor keenam ini juga memiliki kelebihan dari segi pemanfaatan streaming video. Pada processor ini, streaming video yang dilakukan sudah menggunakan series 4K UHD.

Dengan kualitas streaming video tersebut, setiap pengguna bisa melihat tampilan video yang tampak sangat jernih. Selain itu, processor satu ini mampu menyederhanakan perintah menjadi lebih efektif dan menarik. Masih ada banyak laptop ataupun PC yang lebih memiliki jenis intel satu ini.

Kaby Lake

Urutan processor intel setelah generasi Skylake adalah Kaby Lake. Sama seperti dua generasi sebelumnya, teknologi yang digunakan masih fabrikasi tetapi dengan versi yang lebih unggul. Level performa yang dimiliki juga terkesan setara dengan Skylake, terlebih karena basis arsitektur GPU yang ada merupakan type yang sama.

Tetapi, tetap ada keunggulan yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya atau peningkatan yang cukup signifikan. Kaby Lake lebih mampu menangani konten multimedia yang begitu beragam. Hal ini karena processor satu ini telah memiliki tampilan IGP yang khusus dan tidak dimiliki oleh processor sebelumnya.

Secara umum, peningkatan yang dimiliki oleh urutan processor ini memang terletak pada perangkat multimedianya. Dengan perangkat multimedia yang mumpuni, setiap penggunanya bisa menikmati tampilan grafis yang lebih bagus, streaming video 4K dengan tingkat kejernihan tinggi, dan juga tampilan windows yang lebih terstruktur.

Coffe Lake

Banyak yang mengatakan apabila Coffe Lake merupakan urutan processor intel kedelapan yang menjadi pelengkap keberadaan Kaby Lake. Karena dianggap sebagai pelengkap, maka sistem yang ada sebelumnya semakin ditingkatkan lagi hingga menjadi sebuah processor yang unggul dan memiliki banyak fitur menarik.

Produktivitas yang ditawarkan oleh processor intel satu ini bahkan lebih tinggi 4% dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kecepatan clock dasar yang dimiliki terbilang sudah sangat cepat, yakni mencapai 5.0 GHz. Terlebih lagi processor ini sudah dibekali dengan penguat turbo yang membuatnya semakin tangguh dan efisien.

Fungsi dari Coffe Lake akan sangat tampak dengan berbagai penggunaan. Mulai dari tampilan grafis yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga tampak lebih menawan. Kualitas gambar dan video yang sudah bersistem 4K juga menjadi alasan banyak orang yang puas dengan processor satu ini.

Ice Lake

Generasi urutan processor intel kesembilan adalah Ice Lake dengan teknologi fabrikasi yang sudah semakin mengecil. Lewat tampilannya yang sudah semakin tipis, menjadikan teknologi di dalamnya lebih mutakhir dan mumpuni. Bahkan dengan teknologi fabrikasi yang lebih kecil membuat processor ini sangat efisien dan tidak memakan daya terlalu banyak.

Arsitektur chip yang ditawarkan pada generasi ini benar-benar baru dari sebelum-sebelumnya, yakni mengandalkan teknologi Sunny Cove. Teknologi tersebut menjadi sangat unggulan karena dikembangkan oleh tim intel khusus yang berada di Israel. Fokusnya pada penambahan fitur-fitur baru yang sekiranya akan dibutuhkan untuk meningkatkan performa.

Comet Lake

Setelah kemunculan Ice Lake, tidak lama kemudian intel menghadirkan generasi selanjutnya dengan nama Comet Lake. Teknologi fabrikasi yang digunakan oleh processor ini masih sama dengan beberapa generasi sebelumnya, yakni fabrikasi 14 nm+ tetapi terdapat penambahan kualitas yang ditandai dengan simbol plus.

Jumlah core maksimal yang dimiliki oleh urutan processor intel kesepuluh ini berjumlah maksimal enam. Generasi sebelumnya hanya memiliki sekitar maksimal empat core yang sedikit terbatas. Selain itu, dukungan memori RAM yang diberikan sudah sangat canggih dan akan meningkatkan performa jalannya perintah dengan sangat cepat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like