√ 14 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Terlengkap

Aplikasi Edit Foto Android – Seiring berkembangnya dunia fotografi, Aplikasi edit foto saat ini semakin beragam dan pastinya kian diminati. Selain digunakan oleh para profesional dalam dunia fotografi, aplikasi-aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi para amatir. Bahkan fitur-fitur yang disediakan pun juga sangat bervariasi.

Pada perangkat smartphone dengan sistem operasi Android, telah banyak tersedia aplikasi edit foto yang kompatibel. Aplikasi ini bisa memperbaiki kualitas foto, menambahkan efek tertentu, hingga menambah atau mengurangi objek dalam frame.

Berikut rekomendasi 14 aplikasi edit foto yang bagus diperangkat android.

1. Adobe Lightroom

Aplikasi Adobe Lightroom

Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi edit foto android paling canggih yang saat ini tengah naik daun. Aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap bagi keperluan editing foto, mulai dari pengaturan pencahayaan berupa exposure, contrast, shadows, highlight, dan lain-lain. Selain itu tersedia pula beragam presets yang bisa mempercantik foto.

Pengoperasian aplikasi ini tergolong mudah bahkan bagi pemula sekalipun karena didukung dengan interface sederhana yang mengatur pengkategorian tools sehingga tampak rapi ketika digunakan.

Yang tidak kalah menarik adalah aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat membagikan hasil editan Anda melalui sosial media yang ada. Bahkan aplikasi inilah yang digunakan untuk mengedit foto dengan artis yang sempat populer beberapa waktu lalu.  

Detail Aplikasi Adobe Lightroom – Editor Foto
Developer Adobe
Versi Terbaru 5.2.2
Install 100.000.000+
Size Bervariasi berdasarkan perangkat

2. Snapseed

Aplikasi Snapseed

Aplikasi buat ngedit foto android satu ini telah mendukung penggunaan untuk fotografi tingkat lanjut hingga profesional. Snapseed diunduh lebih dari jutaan kali oleh pengguna dari seluruh dunia, menunjukkan aplikasi besutan Google ini tidak main-main dalam memberikan beragam fitur andalan.

Snapseed menyediakan fitur editing kelas profesional, seperti support file RAW, pengaturan exposure, white balance, shadows, dan sebagainya. Aplikasi dengan logo daun ini kaya tools yang bisa dimanfaatkan untuk segala bentuk editing. Hanya saja penataanya kurang sistematis, sehingga pengguna baru yang mengoperasikan aplikasi ini bisa dibingungkan.

Detail Aplikasi Snapseed
Developer Google LLC
Versi Terbaru Bervariasi berdasarkan perangkat
Install 100.000.000+
Size Bervariasi berdasarkan perangkat

3. VSCO

Aplikasi VSCO

Saat ini hampir semua orang yang menggandrungi bidang fotografi telah mengenal VSCO. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan VSCO ini kian banyak digunakan, bahkan telah diunduh lebih dari 50 juta kali. VSCO menyediakan banyak sekali efek yang dapat menambah estetika foto. Beberapa yang paling favorit misalnya efek vintage.

Selain ratusan efek yang tersedia, Anda pun bisa mengatur sendiri presets foto dengan menggunakan aplikasi ini. Terdapat fitur untuk mengatur pencahayaan, warna, ketajaman, serta kualitas gambar. Anda pun bisa membuat efek sesuai selera, kemudian menyimpan atau membagikannya kepada orang lain.

Detail Aplikasi VSCO: Editor Foto dan Video
Developer VSCO
Versi Terbaru 167
Install 50.000.000+
Size 55 MB

4. Photo Lab Picture Editor

Aplikasi Photo Lab Picture Editor

Aplikasi edit photofunia dari hp ini memberikan pengalaman editing foto secara mudah dan tanpa ribet. Apabila aplikasi lain menyediakan kustomisasi pengaturan exposure dalam bentuk tampilan angka yang bagi sebagian orang memusingkan, Photo Lab lebih memudahkan. Telah tersedia efek dan filter bervariasi yang hanya perlu Anda pilih.

Anda dapat menambahkan efek retro, vintage, fresh, dan masih banyak lagi pilihan efek lain yang tidak kalah cantik. Aplikasi rilisan Linerock Investments ini telah diunduh jutaan kali pada Play Store. Selain itu, untuk bisa menggunakan fiturnya pun Anda tak perlu merogoh kocek karena semua tersedia secara gratis.

Detail Aplikasi Photo Lab Picture Editor
Developer Linerock Investments LTD
Versi Terbaru ervariasi berdasarkan perangkat
Install 100.000.000+
Size ervariasi berdasarkan perangkat

5. PicsArt Photo Editor

Aplikasi PicsArt

PicsArt adalah salah satu aplikasi edit foto keren android tergolong multifungsi. Terdapat banyak sekali tools kustomisasi untuk semakin menambah estetika hasil tangkapan gambar Anda. Beragam filter telah disediakan secara gratis (beberapa membayar), bahkan Anda juga bisa mengambil referensi editing dari orang-orang di seluruh dunia.

Pada aplikasi PicsArt, Anda bebas melakukan penambahan atau pengurangan objek dalam foto. Anda juga bisa membuat kolase foto, mengombinasikan satu foot dengan foto lain sesuka hati. Selain itu, Anda pun dapat mengakses komponen lucu-lucu untuk ditambahkan ke dalam gambar. Hasilnya, foto Anda pun akan semakin cantik.

Detail Aplikasi PicsArt Photo Editor
Developer PicsArt
Versi Terbaru Bervariasi berdasarkan perangkat
Install 500.000.000+
Size Bervariasi berdasarkan perangkat

6. Prisma Photo Editor

Aplikasi Prisma Photo Editor

Aplikasi yang digagas dan dikembangkan oleh Prisma Labs Inc. ini mempunyai ukuran yang relatif kecil daripada aplikasi edit foto lain. Meski demikian, fitur yang dimuat di dalamnya sudah cukup lengkap untuk keperluan editing basic. Terdapat banyak sekali efek ‘nyeni’ dalam aplikasi ini yang dapat Anda tambahkan pada foto.

Fitur jawara pada Prisma yang paling banyak diminati adalah efek untuk mengubah gambar biasa menjadi serupa karya seni, mulai dari lukisan cat air, lukisan sketsa, dan masih banyak lagi. Hasil tangkapan gambar yang biasa-biasa saja bisa disulap menjadi sangat indah dengan bantuan Prisma.

Detail Aplikasi Prisma Photo Editor
Developer Prisma Labs, Inc.
Versi Terbaru 3.2.7.427
Install 50.000.000+
Size 12 MB

7. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express dihadirkan sebagai versi mini aplikasi edit foto android. Fitur-fitur yang disematkan sudah disederhanakan, sehingga tidak akan serumit pada aplikasi Photoshop PC. Aplikasi ini mendukung editing gambar untuk tingkatan amatir hingga profesional, semua dikemas dalam wujud interface yang elegan.

Aplikasi editing photo satu ini kaya akan fitur. Mulai dari tools basic seperti crop, rotasi foto, menajamkan foto, hingga membalik foto. Selain itu, ratusan efek tersedia yang dapat dipilih sesuai selera. Anda pun bebas melakukan kustomisasi pada bagian pencahayaan, efek warna, bahkan bisa menambahkan bingkai pada foto.

Detail Aplikasi Adobe Photoshop Express
Developer Adobe
Versi Terbaru 6.4.597
Install 500.000.000+
Size Bervariasi berdasarkan perangkat

8. AfterFocus

Aplikasi AfterFocus

Aplikasi satu ini mungkin tidak seterkenal editing photo lain, karena memang fungsinya dispesifikkan pada satu fitur yaitu mengatur tingkat keburaman (blur) dalam foto. Apabila Anda ingin mendapatkan foto seperti hasil jepretan kamera canggih DSLR, aplikasi ini memberikan kemudahan untuk itu.

Anda dapat memilih sendiri efek blur seperti apa yang diinginkan. Cara pengoperasiannya pun mudah, sehingga tidak akan membingungkan para user baru. AfterFocus telah diunduh sekitar 10 juta kali oleh pengguna di seluruh dunia.

Detail Aplikasi AfterFocus
Developer MotionOne
Versi Terbaru 2.2.3
Install 10.000.000+
Size 17 MB

9. LightX

Aplikasi LightX

Aplikasi edit foto android LightX tidak kalah dari aplikasi lain yang saat ini tengah naik daun. Aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan oleh AndOr Communications ini menyediakan beragam efek menarik yang bisa menambahkan tampilan ciamik foto. Selain fitur efek, ada pula fitur-fitur lain untuk keperluan editing photo.

Fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah menciptakan karikatur atau sketas unik berdasarkan gambar yang ada. Alhasil, foto Anda akan menjadi lebih indah. LightX telah diunduh oleh banyak orang di seluruh dunia, serta menyediakan berbagai tools yang mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Detail Aplikasi LightX aplikasi edit foto & Photo grid
Developer AndOr Communications Pvt Ltd
Versi Terbaru 2.0.9
Install 10.000.000+
Size 22 MB

10. PhotoGrid

Aplikasi PhotoGrid

Aplikasi ini pada awal kemunculannya lebih dikenal dengan fiturnya untuk membuat kolase foto. Namun seiring update yang dilakukan oleh perusahaan developernya, semakin banyak fitur bagi keperluan editing photo.

PhotoGrid menghadirkan fitur untuk menambahkan atau mengurangi objek dalam foto, memangkas foto, menambahkan frame, background, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat banyak sekali filter animasi yang bisa dimasukkan ke foto. Bahkan Anda juga bisa menambahkan stiker lucu pada foto.

Detail Aplikasi Photo Grid
Developer Photo Editor Perfect Corp.
Versi Terbaru 2.46
Install 1.000.000+
Size 17 MB

11. Pixlr

Aplikasi Pixlr

Aplikasi Pixlr telah dikenal oleh banyak orang berkat kehandalannya dalam menyulap hasil tangkapan gambar. Aplikasi edit foto terpopuler ini menghadirkan fitur profesional yang dapat diakses langsung pada smartphone Anda. Mulai dari pengaturan pencahayaan, pengaturan warna, meningkatkan kualitas gambar, dan masih banyak fitur lain.

Di tangan yang tepat, aplikasi ini bisa menciptakan sebuah mahakarya fotografi luar biasa. Terbukti dari cukup banyaknya pegiat fotografi yang memberikan feedback positif terhadap aplikasi ini. Hanya saja kekurangannya terletak pada ukuran file yang relatif besar.

Detail Aplikasi Pixlr – Free Photo Editor
Developer 123RF Limited
Versi Terbaru 3.4.29
Install 50.000.000+
Size 28 MB

12. YouCam Perfect

Aplikasi YouCam Perfect

Aplikasi edit foto android satu ini sangat simpel pengoperasiannya. Anda dapat memilih efek-efek unik menarik pada gambar. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan cropping, blurring gambar latar, serta menambahkan efek HDR dan penajaman gambar.

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat memanfaatkan fitur penghilang kantong mata untuk menghapuskan gelap-gelap pada wajah. Ada pula fitur unik berupa body slimmer serta reshaper face yang dapat mempercantik foto Anda.

Detail Aplikasi YouCam Perfect – Best Selfie Camera & Photo Editor
Developer Perfect Mobile Corp.
Versi Terbaru Bervariasi berdasarkan perangkat
Install 100.000.000+
Size Bervariasi berdasarkan perangkat

13. Photo Director

Aplikasi Photo Director

Photo Director hadir sebagai aplikasi editing multifungsi yang menjawab kebutuhan Anda untuk menciptakan hasil foto kaya estetika. Photo Director mengemas beragam tools dan fiturnya dalam sebuah interface yang user friendly, terutama bagi pengguna pemula.

Aplikasi edit foto android satu ini menyediakan fitur editing basic, seperti crop, zoom, add atau remove object, dan lain-lain. Photo Director juga mempunyai banyak sekali efek yang bisa Anda pilih untuk mempercantik gambar.

Detail Aplikasi PhotoDirector Photo Editor
Developer Cyberlink Corp
Versi Terbaru 13.1.0
Install 100.000.000+
Size 116 MB

14. PicSay Photo Editor

Aplikasi Picsay

PicSay ini merupakan aplikasi sederhana yang pas untuk sekedar melakukan edit foto seperti membuat efek bayangan, superhero, melakukan crop, filter, menambah tulisan serta tools editing tingkat lanjut untuk mengatur kualitas gambar, kondisi pencahayaan, fokus objek dalam gambar, bahkan ketajaman gambar.

PicSay memiliki user interface yang intuitif, dengan tampilan ciamik yang mudah dioperasikan. Anda pun diberikan kebebasan untuk menambahkan objek unik dengan menggunakan aplikasi ini. PicSay dapat diunduh secara gratis pada platform Play Store.

Detail Aplikasi PicSay – Photo Editor
Developer Shinycore
Versi Terbaru Bervariasi berdasarkan perangkat
Install 10.000.000+
Size Bervariasi berdasarkan perangkat

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto android yang bisa Anda download secara gratis maupun berbayar di Playstore. Selamat mencoba !!

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like