34+ Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Alat Komunikasi Tradisional Modern – Komunikasi merupakan kegiatan yang wajar dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi satu sama lain sebagai makhluk sosial. Namun cara berkomunikasi disini juga berbeda-beda, ada yang berkomunikasi secara langsung, ada pula yang berkomunikasi melalui bantuan alat atau media.

Macam-macam alat komunikasi di sini bisa dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu tradisional dan modern. Seperti yang kita tahu alat komunikasi tradisional jaman dulu menggunakan sesuatu yang mudah untuk di temukan layaknya kentongan, lonceng, daun dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya peradaban dan berkembangnya jaman, cara komunikasi pun semakin dipermudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan berbagai alat komunikasi. Seperti telepon, toa, mikrofon dan lain-lain. Untuk mengetahui apa saja sih alat komunikasi yang pernah digunakan dari jaman dulu hingga sekarang bisa menyimak ulasan berikut :

Alat Komunikasi Tradisional

Yang termasuk dalam alat komunikasi tradisional di sini adalah alat komunikasi yang belum tersentuh dengan teknologi serta masih menggunakan media sederhana yang masih banyak tersedia di alam.

Biasanya alat komunikasi tradisional ini muncul karena adanya informasi darurat atau mendesak sehingga memerlukan alat agar dapat tersampaikan kepada orang lain. Meskipun demikian tiap-tiap alat kominkasi tradisional ini tentu memiliki kelemahan sehingga mulai banyak di tinggalakan saat ini.

Kentongan

Alat Musik Kentongan
shopee.co.id

Sebelum  speaker, kentongan menjadi salah satu alat komunikasi yang umum digunakan di lingkungan masyarakat. Fungsinya sendiri adalah untuk mengabarkan berita atau informasi penting serta untuk kegiatan ronda malam.

Masyarakat biasanya akan mengerti jenis berita yang disampaikan berdasarkan jumlah bunyi kentongannya. Misalnya 2 kali ketukan, 3 kali ketukan dan seterusnya.

Lonceng

Alat Musik Kentongan
parokivianney.org

Lonceng merupakan alat komunikasi jaman dulu yang terbuat dari lempengan besi dengan bentuk seperti tabung namun bagian bawahnya terbuka.

Biasanya lonceng ini dipasang di sekolah sebagai penanda masuk kelas atau dimulainya jam pelajaran. Di beberapa tempat ibadah pun, lonceng juga digunakan sebagai media komunikasi atau penyampai informasi tertentu bagi penganutnya.

Surat

Alat Komunikasi Surat
collinsdictionary.com

Surat adalah alat komunikasi multi-era. Surat biasa digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan kepada penerimanya. Komunikasi dengan surat ini memang tergolong lama, karena sebelum sampai pada penerima, surat harus melalui proses pengiriman yang panjang.

Bahkan berawal dari alat komunikasi surat inilah Indonesia mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus memfasilitasi pengiriman surat bersekala besar.

Daun Lontar

Surat Daun Lontar
https://bentarabudayabali.files.wordpress.com/

Tak berbeda jauh dengan surat, sebenarnya daun lontar ini juga merupakan media komunikasi jenis tulisan. Bedanya jika surat umumnya menggunakan kertas, maka media komunikasi tulis ini menggunakan daun lontar.

Media komunikasi ini sangat banyak digunakan pada jaman dahulu, mengingat daun lontar bisa ditemukan dengan mudah di alam.

Tongkat

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa tongkat pada jaman dahulu juga digunakan sebagai alat komunikasi sederhana, khususnya pada saat jaman kerajaan oleh sang Raja.

Adapun fungsinya untuk memberikan informasi atau perintah tanpa suara. Jadi Raja hanya perlu menghentakkan tongkatnya, maka perintah sudah diberikan. Setiap hentakan tongkat memiliki makna yang berbeda.

Asap

Salah satu bentuk komunikasi zaman dahulu juga bisa dilakukan dengan menggunakan asap. Bahkan di saat kondisi darurat sekalipun asap juga masih sering digunakan sebagai alat komunikasi sampai saat ini.

Biasanya, orang akan menggunakan asap untuk meminta pertolongan saat tersesat di hutan. Kepulan asap dari hasil pembakaran yang terlihat di atas gunung atau di hutan akan langsung diartikan sebagai permintaan tolong.

Terompet

Di berbagai negara di Eropa, terompet sangat identik dengan hal-hal yang berbau perayaan. Oleh karena itu, ketika terdengar suara terompet biasanya ditandai sebagai adanya perayaan meriah atau festival yang sedang berlangsung.

Karena itu, di negara-negara Eropa, terompet sudah digunakan menjadi alat berkomunikasi bagi masyarakatnya sejak jaman dahulu.

Bedug

Bedug merupakan salah satu alat komunikasi tradisional khas Indonesia. Jaman dahulu, bedug digunakan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Tabuhan bedug dengan irama yang berbeda atau jumlah ketukan yang berbeda bisa menandakan makna yang berbeda.

Tabuhan bedug bisa bermakna panggilan sholat, mengumpulkan massa atau adanya sebuah perayaan.

Prasasti

Pada jaman dahulu sebelum ditemukan media penyimpanan informasi yang bisa bertahan lama, masyarakat biasa menggunakan batu sebagai media tulisan. Adapun alat komunikasi ini disebut dengan prasasti.

Bahkan sekarang ini bisa kita jumpai sisa-sisa peninggalan prasasti dari jaman kerajaan pendahulu masih awet tersimpan dan bisa terbaca dengan baik meskipun usianya sangat lama.

Telepon Kaleng

Telepon kaleng biasanya terbuat dari 2 buah kaleng yang terhubung dengan benang. Dengan alat ini pada jaman dahulu setiap orang bisa berinteraksi dengan jarak tertentu.

Namun seiring dengan berkembangnya jaman, sepertinya telepon kaleng ini sudah mulai di tinggalkan karena jarak jangkau dengarnya tidak bisa jauh. Oleh karena itu saat ini kita hanya bisa menjumpai telepon kaleng hanya pada mainan anak-anak saja atau saat pembelajaran sekolah.1

Gong

Gong ini adalah alat komunikasi tradisional yang terbuat dari logam berbentuk mirip seperti piringan bervolume.

Pada jaman dahulu, setiap ada perayaan atau kegiatan yang sifatnya besar, gong akan dibunyikan sebagai tanda permulaan. Selain itu Gong juga digunakan sebagai alat musik pengiring berjalannya ritual atau acara resmi kerajaan.

Bendera

Untuk berkomunikasi dengan jarak yang cukup jauh, bendera biasa digunakan sebagai salah satu alat atau media komunikasi. Pada umumnya bendera yang digunakan memiliki warna yang mencolok atau yang bisa dilihat dari jarak jauh dengan mata.

Misalnya saja dalam pelajaran pramuka, kita juga dikenalkan dengan sandi morse yang mana  juga alat utama yang digunakan untuk berkomunikasi adalah bendera.

Gamelan

Gamelan saat ini memang dikenal sebagai alat musik pengiring pertunjukan. Namun pada jaman dulu, selain sebagai pengiring pertunjukan, gamelan juga digunakan sebagai media komunikasi.

Ketika orang-orang mendengar bunyi gamelan, mereka akan mengetahui jika di tempat tersebut sedang diselenggarakan sebuah pertunjukan atau acara.

Merpati

Beberapa jenis binatang juga digunakan sebagai alat komunikasi tradisional salah satunya adalah merpati yang sudah terlatih. Istilah merpati pos bahkan muncul karena peran penting dari salah satu jenis burung ini. Merpati akan mengirimkan surat kepada penerimanya.

Anjing

Tidak hanya merpati, hewan lain yang juga berperan dalam membantu komunikasi adalah anjing. Anjing ini termasuk alat komunikasi klasik yang dapat membantu manusia untuk beberapa hal tertentu. Hal yang dimanfaatkan dari anjing dalam hal komunikasi adalah gonggongannya.

Isyarat Tubuh

Beberapa bagian tubuh manusia juga sering digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Komunikasi dengan media bagian tubuh ini sering disebut dengan bahasa isyarat. Bagian tubuh yang digunakan biasanya jari tangan, kepala atau kedipan mata.

Dengan menggunakan cara ini, baik pengirim pesan maupun penerima bisa mengerti apa yang disampaikan seperti halnya yang dilakukan oleh seorang tunawicara. Isyarat tubuh bekerja hanya dengan menggerakkan bagian tubuh tertentu tanpa mengeluarkan suara. Ada pula bahasa isyarat yang memang membutuhkan latihan dan pembelajaran terlebih dahulu.

 

Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern biasanya telah menggunakan teknologi di dalamnya sehingga proses penyampaian informasinya terbilang lebih cepat dan jelas.

Bahkan sekarang ini komunikasi tidak hanya di lakukan memalui tulisan dan suara saja melainkan sudah bisa dengan interaksi tatap muka digital. Tentu ini bisa semakin memudahkan kita untuk berkomunikasi antar 2 orang atau lebih secara bersamaan.

Telegraph

Alat Komunikasi Telegraph
floridapolitics.com

Alat komunikasi ini bisa dibilang cukup modern karena sudah menggunakan beberapa teknologi di dalamnya. Teknologi yang digunakan adalah teknologi telegrafi, dimana biasanya pesan yang dikirimkan dan diterima berbentuk sandi morse.

Dalam metode komunikasi ini, tentu saja antara pengirim dan penerima pesan harus memahami kode yang digunakan dalam komunikasi yang sedang dilakukan.

Telepon

Alat Komunikasi Telepon
shopee.co.id

Telepon termasuk alat komunikasi modern yang menggunakan teknologi canggih sehingga memudahkan penggunanya berkomunikasi, bahkan dari jarak jauh. Komunikasi jarak jauh dengan telepon terbilang sangat efektif meskipun antara penerima dan penyampai pesan berada di jarak yang jauh bahkan terpisah antar negara dan benua.

Adanya alat komunikasi telepon ini merupakan awal dari perkembangan alat komunikasi modern lainnya. Jika telepon ini hanya bisa tersambung melalui sambungan kabel sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana, maka di masa depan akan ada teknologi komunikasi lain yang lebih canggih berawal dari munculnya telepon ini.

Mikrofon

Alat Komunikasi Mikrofon
audiopromedia.co.id

Jaman dahulu, ketika akan memberikan informasi kepada masyarakat atau khalayak ramai digunakan kentongan, maka kini sudah digantikan dengan microfon. Alat ini dinilai lebih berperan efektif dibandingkan kentongan.

Jadi selain jangkauan mikrofon lebih banyak dan luas, pesan yang disampaikan pun lebih jelas dan bisa lebih panjang.

Radio

Alat Komunikasi Radio
philips.co.id

Radio merupakan media komunikasi yang menyampaikan informasi dalam bentuk suara saja. Informasi yang disiarkan oleh penyiar bisa didengar oleh pendengar dengan bantuan frekuensi tertentu. Meskipun hanya berupa suara, pada era tertentu, radio ini menjadi sarana komunikasi yang sangat penting.

Faksimili

Jika surat tadi merupakan alat komunikasi tulis yang membutuhkan waktu lama untuk bisa disampaikan ke penerima, maka faksimili berbeda.

Alat komunikasi ini juga berfungsi menyampaikan pesan berbentuk tulisan, namun dengan waktu yang lebih cepat. Biasanya alat komunikasi ini digunakan di lingkungan sekolah atau perkantoran.

Handy Talky

Alat ini menggunakan sarana berupa frekuensi agar antara satu orang dengan orang lain bisa terhubung dalam jangkauan tertentu. Biasanya alat komunikasi ini digunakan oleh orang-orang tertentu, seperti polisi, satpam, pihak keamanan atau pekerja pabrik.

Toa

Toa ini juga merupakan alat komunikasi modern yang memiliki fungsi seperti microfon namun penggunaannya lebih sederhana. Biasanya digunakan di tempat dengan banyak orang dan berada di luar ruangan.

Adapun suara yang dikeluarkan dari toa memang tidak sebesar microfon, karena memang komponennya tidak selengkap microfon.

Televisi

Televisi ini termasuk dalam macam-macam alat komunikasi modern karena teknologi yang digunakan sudah canggih. Selain menyampaikan informasi dalam bentuk suara juga disertai dengan visual (gambar).

Media Massa (Koran)

Media massa koran ini biasa digunakan untuk menyampaikan berita bersekala lokal maupun nasional terkait perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya dalam bentuk tulisan .

Seiring perkembangan teknologi media massa ini juga merambah ke webisite dalam penyampaian informasi kepada masyarakat namun tetap mempertahankan koran cetak dengan target market tertentu.

Handphone (Telepon Genggam)

Alat komunikasi ini berfungsi layaknya telepon namun bersifat seluler. Jika telepon tersambung melalui kabel sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana, maka telpon genggam berbeda. Asalkan ada sinyal, Anda bisa melakukan komunikasi kapanpun dan dimanapun.

Adanya telepon genggam ini menjadi terobosan paling berpengaruh dalam komunikasi manusia. Tidak hanya menghubungkan antara orang-orang yang berjauhan dengan lebih mudah, adanya telepon genggam ini nantinya menjadi cikal bakal teknologi komunikasi lain yang lebih canggih.

Komputer / Laptop

Laptop ini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga memberikan fungsi lebih banyak dalam berbagai hal.

Dengan menggunakan komputer atau laptop, Anda bisa mengakses informasi dengan bantuan jaringan internet. Anda pun kini bisa melakukan panggilan video dari laptop atau komputer, tetap dengan peran dari jaringan atau koneksi internet.

Koneksi Internet

Di era teknologi seperti saat ini, komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Segala hal yang dilakukan saat ini, tak bisa lepas dari peran internet.

Menelpon, mencari informasi, mengirim surat bahkan mencari teman pun tak lepas dari peran internet. Adanya koneksi Internet ditambah munculnya berbagai layanan media sosial menjadi kombinasi yang membuat gaya hidup manusia semakin maju.

Smartphone

Seperti namanya, alat komunikasi ini berperan seperti telepon yang menghubungkan satu orang dengan orang lain namun lebih lengkap.

Dengan menggunakan smartphone Anda bisa mencari informasi, berkirim pesan, menelpon, mendengarkan musik, menonton tv, menonton film hingga bekerja sekalipun bisa dilakukan dari perangkat ini.

Bluetooth

Bluetooth ini merupakan perkembangan dari infrared yang dapat menghubungkan pengguna tanpa sambungan kabel.

Dalam penggunaanya, bluetooth kerap digunakan untuk bertukar informasi atau data dengan lebih cepat dan efektif karena memiliki jangkauan yang lebih luas daripada generasi sebelumnya.

Smartwatch

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat macam-macam alat komunikasi pun semakin beragam bentuk dan fungsinya. Dari namanya, Anda mungkin mengira ini adalah jam tangan. Namun tentu saja, bukan jam tangan biasa.

Jam tangan ini dibuat dengan teknologi canggih. Seperti namanya, jam tangan pintar ini tidak hanya memberikan informasi waktu kepada penggunanya. Ada berbagai fitur yang memungkinkan Anda menggunakannya untuk berkomunikasi. Mulai dari mengirim pesan singkat, pesan instan, melakukan panggilan telepon hingga panggilan video.

LCD Proyektor

Alat komunikasi modern selanjutnya adalah LCD Proyektor. Alat ini adalah teknologi yang berfungsi untuk menampilkan tampilan dari perangkat tertentu ke media yang lebih besar sehingga bisa dilihat oleh orang banyak.

Adanya alat ini bisa menyampaikan informasi dari satu perangkat yang sifatnya individu, atau hanya bisa dilihat oleh satu orang, menjadi Informasi yang bisa dilihat lebih banyak orang. Biasanya perangkat ini digunakan saat rapat atau saat presentasi informasi tertentu.

CCTV

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television, yaitu sebuah perangkat dengan bentuk seperti kamera video digital. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk mengirimkan sinyal video tempat dimana kamera terpasang, untuk kemudian dikirimkan ke layar monitor.

Perangkat ini biasanya digunakan untuk memantau keadaan atau kondisi di sebuah ruangan. Kamera CCTV ini memang merupakan sebuah kamera pengintai, namun dalam beberapa hal CCTV ini berperan sebagai perangkat komunikasi. Dengan adanya CCTV ini akan memberikan informasi berupa video tentang kondisi atau keadaan tertentu.

Tablet PC

Tablet PC ini memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan komputer atau laptop. Bedanya, biasanya tablet PC ini tidak memiliki bagian keyboard karena hanya berupa layar berukuran tidak begitu besar.

Keyborad pad-nya pun ada di dalamnya. Karena itulah perangkat ini lebih praktis dengan fungsi yang sama bahkan lebih baik dari laptop dan komputer.

Personal Data Assistant (PDA)

PDA ini termasuk dalam alat komunikasi  modern yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Lebih dari itu, PDA ini berfungsi sebagai perangkat yang bisa membantu manusia untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

PDA ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer atau laptop namun ukurannya lebih kecil. Di dalamnya bisa menyimpan data dan informasi dalam kapasitas yang besar.


Manusia yang terlahir sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa hidup sendiri. Setiap manusia pasti membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Berkomunikasi juga merupakan bentuk interaksi antar manusia yang penting.

Sejak jaman dahulu, manusia sudah menggunakan macam-macam alat komunikasi yang membantu memudahkan dalam berkomunikasi. Hingga seiring perkembangan jaman, alat komunikasi itu pun turut berkembang semakin canggih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like