√ PENGERTIAN LAN, MAN, WAN: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian LAN, MAN, WAN – Secara umum antara LAN, MAN, dan WAN memiliki cakupan wilayah yang berbeda-beda. Mulai dari LAN yang mencakup wilayah lokal, MAN yang mencakup internet antar kota, dan WAN yang lebih luas dibandingkan cakupan dua jaringan sebelumnya.

Masing-masing dari jaringan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Selain fungsi, setiap jaringan juga dibekali dengan kelebihan dan kekurangan sehingga para pengguna bisa menyesuaikan dengan jenis kebutuhannya.

Hal yang perlu diketahui adalah setiap jaringan komputer memiliki fungsi umum untuk saling berbagai data dengan media penghubung kabel dan wireless.

Pengertian LAN

Pengertian LAN

Pengertian LAN adalah jaringan lokal yang hanya mampu menghubungkan perangkat dalam jarak relatif pendek. LAN hanya mencakup wilayah seperti gedung, sekolah, kantor, rumah, dan beberapa tempat lainnya yang termasuk dalam wilayah sempit.

Media penghubung jaringan LAN menggunakan kabel sejenis UTP (Unshielded Twisted-Pair), Router, Hub, dan sebagainya.

Ciri khas jaringan LAN selain hanya mencakup ruangan terbatas dan tidak bisa dikelola oleh banyak orang, tetapi cenderung ke satu atau sekelompok kecil orang saja.

Biasanya orang-orang tersebut juga tidak menggunakan konektivitas yang mudah dijangkau seperti Router atau Hub dan sangat jarang menggunakan Ethernet atau Token Ring.

Fungsi LAN

Fungsi jaringan LAN adalah menghubungkan beberapa komputer dalam satu wilayah lokal yang sempit agar bisa saling berbagi data. Selain digunakan untuk berbagai data, saling menghubungkan jaringan LAN juga difungsikan untuk mempercepat proses kerja yang dilakukan. Lewat jaringan yang sudah terhubung, setiap pengguna bisa mengakses data dari komputer mana saja tanpa berpindah.

Secara umum, LAN memang lebih banyak dipilih apabila wilayah akses yang dibutuhkan tidak terlalu luas. Hal ini karena selain harga yang lebih terjangkau, teknik sharing file dan data yang dilakukan juga sangat mudah. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan jaringan LAN.

  • Mempercepat proses transfer data dengan teknik sharing yang sangat mudah
  • Menghemat waktu dan lebih efisien dalam mengerjakan suatu pekerjaan
  • Memungkinkan untuk selalu up to date karena jaringan akan melakukan pembaruan secara otomatis
  • Membantu proses menyalin data dengan sangat cepat sehingga tidak membuang banyak waktu dalam melakukannya
Baca Juga  √ 13+ Bagian Bagian Motherboard dan Fungsinya + Gambar

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Kelebihan menggunakan jaringan LAN yang paling terasa adalah dapat mengirit biaya operasional. Selain itu, koneksi transfer data antar komputer mampu bekerja dengan cepat sehingga tidak hanya menghemat waktu saja tetapi juga menjadikannya lebih efektif. Apalagi ketika menggunakan jaringan ini tidak perlu lagi membutuhkan jasa operator telekomunikasi.

Perlu diketahui apabila jaringan LAN memiliki sistem penghubung yang sangat banyak sehingga sarana penghubungnya juga mudah dijangkau. Beberapa diantaranya adalah cahaya inframerah, kabel pasangan, dan serta optik. Dengan begitu dalam proses pemasangannya menjadi lebih mudah.

Sayangnya, kekurangan dari jaringan ini adalah hanya bisa digunakan pada jangkauan wilayah lokal yang sempit. Padahal, karena biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jaringan ini. Namun tetap saja apabila digunakan pada jangkauan yang lebih luas dari wilayah lokal, jaringan LAN tidak akan pernah efektif

Pengertian MAN

Pengertian MAN

Pengertian MAN adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan LAN, yakni bisa mencakup antar kota.

Jika dihitung berdasarkan jarak, MAN bisa mencakup jaringan antara 10-50 KM. Untuk itu MAN dinilai sangat cocok digunakan sebagai jaringan yang menghubungkan antar perusahaan dalam satu kota.

Untuk kabel penghubung, MAN hanya memiliki satu hingga dua kabel saja sehingga tidak terlalu banyak pengeluaran. MAN memiliki standar kabelnya sendiri yang dinamakan DQBD. Kabel tersebut terdiri atas dua kabel utama, yakni wireless dan fiber optik.

Pada wireless digunakan untuk penyambung umum sedangkan pada fiber optik digunakan untuk menjernihkan sambungan.

Fungsi MAN

Fungsi MAN adalah untuk menghubungkan lebih dari satu komputer dalam jangkauan wilayah antar kota sehingga bisa saling melakukan komunikasi. Secara sederhana, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN dengan tambahan sistem tertentu. Tidak heran apabila fungsinya juga luas dan lebih banyak dibanding jaringan LAN.

Baca Juga  Pengertian PLC (Programmable Logic Control)

Hal yang menarik dari fungsi MAN adalah memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai jaringan berkecepatan tinggi. Hal tersebut secara otomatis terjadi apabila MAN menemukan sumber daya daerah yang sifatnya rendah.

Namun, perlu diketahui apabila teknologi yang digunakan masih sama seperti LAN hanya saja cakupan wilayahnya lebih luas. Berikut ini fungsi dan manfaat dari MAN.

  • Mampu menghubungkan jaringan antar kota dan membangun sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
  • Memungkinkan untuk menunjang data berupa teks dan suara
  • Berhubungan langsung dengan berbagai jaringan luar seperti gelombang radio dan televisi kabel
  • Memungkinkan setiap server pada komputer untuk melakukan kegiatan messenger, chat, menonton video, dan sebagainya menggunakan bandwidth lokal

Kelebihan dan Kekuarangan MAN

Kelebihan dari jaringan MAN mampu menghubungakan lebih dari satu komputer dalam lingkup antar kota. Menariknya, transaksi yang dilakukan bersifat real time, yakni data yang berada di server akan langsung masuk dan terupdate pada masing-masing komputer saat itu juga. Selain itu, jaringan ini mampu menyebarkan informasi dengan sangat cepat, efisien, dan akurat.

Untuk kekurangannya, MAN masih menggunakan instalasi infrastruktur yang proses pemasangannya cukup sulit. Hal ini dinilai kurang efektif dan memakan biaya operasional lebih mahal. Selain itu, ketika ada masalah pada jaringan, cara mengatasinya cukup rumit dan terkadang memerlukan bantuan teknisi. Ditambah lagi tingkat keamanannya masih terbilang standar dan mudah diretas.

Pengertian WAN

Pengertian WAN

Pengertian WAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya lebih luas dibandingkan LAN dan MAN karena bisa mencakup antar negara maupun benua.

Media penghubungnya menggunakan kabel fiber optik. Menariknya, kabel tersebut ditanamkan di dalam tanah, di jalur bawah laut, dan tempat-tempat yang memiliki tingkat kedalaman tinggi.

Sebagian besar kepemilikan WAN bukanlah oleh organisasi atau perusahaan tertentu tetapi dimiliki oleh suatu negara. Teknologi yang digunakan juga lebih mumpuni dibandingkan milik jaringan-jaringan sebelumnya karena akses yang dibutuhkan memang sangat luas.

Teknologi tersebut diantaranya adalah Frame Relay, ATM, dan X.25 yang mampu mengatasi konektivitas jarak jauh.

Baca Juga  Pengertian Socket Processor: Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Gambarnya

Fungsi WAN

WAN menggunakan perangkat keras milik komputer untuk menyatukan atau mengintegrasi jaringan LAN dan MAN pada sebuah institusi. Alasan itulah yang menyebabkan jaringan ini lebih banyak digunakan pada level multinasional dan internasional.

Tidak hanya untuk mengintegrasi jaringan, perangkat keras tersebut juga berfungsi untuk mendukung sinyal yang diterima agar lebih kuat.

Untuk itu tidak heran apabila sebagian besar fungsi yang dimiliki oleh WAN lebih banyak dirasakan pada dunia bisnis yang memiliki kantor cabang sangat banyak. Hal ini karena sistemnya yang bisa digunakan pada antar negara, pulau, bahkan benua.

Berikut ini adalah fungsi jaringan WAN secara lebih spesifik.

  • Mengintegrasikan jaringan LAN dan MAN agar penggunaannya menjadi lebih efektif
  • Mempercepat arus informasi dan mempermudah komunikasi
  • Meningkatkan efisiensi arus informasi sehingga tidak membuang banyak waktu penggunanya
  • Menghemat biaya operasional karena jaringannya yang begitu luas
  • Mendukung kinerja operasional secara profesional dalam skala multinasional ataupun internasional

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Pada jaringan WAN, kelebihan paling menonjol adalah bisa diakses dalam lingkup wilayah sangat luas, bahkan hingga antar negara. Para penggiat bisnis multinasional maupun internasional tidak perlu lagi merasa bingung dalam menjalankan jasanya.

Kelebihan lainnya adalah jaringan ini melakukan penyimpanan data dengan sistem terpusat. Artinya, menggunakan server pusat sebagai bank data sehingga tingkat keamanannya tidak perlu diragukan lagi. Semua komputer yang terhubung masih tetap bisa mengakses semua data dengan sistem atau cara yang sangat mudah.

Namun, jaringan WAN tetap memiliki kekurangan. Diantaranya biaya operasional yang sangat mahal, memiliki tingkat kerumitan tinggi, dan pengolahan data yang sulit. Biasanya, apabila ada masalah yang terjadi pada jaringan WAN dibutuhkan bantuan teknisi ahli yang mumpuni. Cukup berbeda dengan jaringan lainnya yang biasanya bisa diatasi sendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.


Itulah pengertian LAN, MAN, WAN yang perlu untuk Anda ketahui khususnya dalam dunia jaringan internet. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment