√ Pengertian Jaringan WAN: Fungsi, Cara Kerja, Teknologi dan Kelebihan

Pengertian Jaringan WAN – Pesatnya perkembangan teknologi saat ini semakin membawa banyak perubahan dan inovasi dalam memudahkan manusia. Salah satunya adalah berkembangnya jaringan komputer.

Sebagai informasi dasar, ada 4 jenis jaringan komputer yang dibagi berdasarkan luas jangkauannya yaitu

  • WAN (Wide Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • LAN (Local Area network)
  • Internet (Jaringan Menyeluruh)

Jaringan tersebut digunakan untuk saling menghubungkan antar komputer dalam lingkup dan tujuan tertentu.

Nah, berikut ini akan kita ulas lengkap mengenai jaringan WAN (Wide Area Network)

Pengertian Jaringan WAN 

Pengertian Jaringan WAN 
cloudzenpartners.com

Pengertian jaringan WAN (Wide Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang memiliki jarak jangkauan sangat luas, mulai dari antar kota hingga antar negara.

Ada pula pengertian yang mendefinisikan jaringan WAN sebagai jaringan komputer yang mencakup jangkauan daerah geografis yang luas, yang mana cakupannya mulai antar wilayah, kota, negara bahkan sampai lingkup benua.

Jaringan WAN ini menggunakan transmisi seperti kabel bawah laut, kabel telepon, dan juga satelit sehingga memungkinkan dua perangkat atau lebih untuk saling berkomunikasi meskipun terpisah jarak yang sangat jauh. Sebagai gambarannya, WAN akan meng-interkoneksikan jaringan-jaringan LAN

Karakteristik Jaringan WAN

Karakteristik Jaringan WAN
phintraco.com

Dengan adanya jaringan WAN ini memungkinkan setiap orang untuk bisa bertukar data, berkomunikasi maupun berbagi dengan komputer lain meskipun berbeda lokasi dengan membutuhkan saluran komunikasi publik dan router.

Adapun beberapa karakteristik dari jaringan WAN ini. diantaranya adalah :

1. Cakupan Area yang Luas

Karakteristik utama dari jaringan WAN ini adalah area cakupannya. Dibandingkan dengan jenis jaringan komputer lain, sesuai namanya Wide Area Network, jaringan ini memiliki cakupan wilayah yang sangat luas. Bisa satu negara bahkan sampai benua.

2. Menggunakan Koneksi Serial

Guna mengakses Bandwidth pada lokasi yang saling berjauhan, karakteristik Wide Area Network lainnya adalah penggunaan koneksi serial di dalamnya. Jenis koneksi serial yang digunakan pun sangat beragam demi bisa mengakses Bandwidth tersebut.

3. Menghubungkan Perangkat yang Belum Bisa Terhubung

Karena merupakan sebuah jaringan komputer dengan area jangkauan yang luas, maka jaringan WAN ini karakteristik merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat yang belum bisa terhubung, baik melalui MAN ataupun LAN. Hal ini juga menjadi peran penting dari adanya Wide Area Network ini.

Fungsi Jaringan WAN

Fungsi Jaringan WAN

Karena jangkauan area yang sangat luas, tentu jaringan WAN memiliki fungsi dan manfaat yang cukup banyak. Seperti beberapa dibawah ini:

Baca Juga  √ PENGERTIAN AMPLIFIER: Fungsi, Cara Kerja, Jenis-jenis & komponen

1. Menggabung dan Mengintegrasikan LAN dan MAN

Fungsi pertama dari adanya Wide Area Network (WAN) ini adalah untuk menggabungkan sekaligus mengintegrasikan jaringan LAN dan MAN. Dimana, kedua jaringan tersebut memiliki cakupan area yang lebih kecil dari WAN.

Fungsi ini sangat bermanfaat dan banyak dimanfaatkan, terutama oleh perusahaan-perusahaan dengan kantor cabang yang banyak tersebar di luar kota hingga luar negeri. Adanya jaringan WAN ini akan menghubungkan setiap kantor cabang melalui sebuah jaringan komputer yang luas.

2. Mempermudah dan Mempercepat Arus Komunikasi dan Informasi

Jaringan informasi yang sudah terhubung sekaligus terintegrasi dengan jaringan lain tentu membuat arus informasi maupun komunikasi pun jadi lebih cepat.

Arus informasi antara komputer atau perangkat satu dengan perangkat lain bisa lebih cepat diterima meskipun jarak geografis yang sangat jauh.

3. Membantu Efisiensi Biaya Operasional

Saat membuat jaringan WAN memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun hal ini sebanding dengan efisiensi arus informasi yang lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu saja, tenaga yang digunakan pun jadi lebih efisien.

Coba bayangkan jika jaringan WAN ini tidak ada, pertukaran informasi pun harus dilakukan secara langsung. Hal ini justru membutuhkan biaya lebih akomodasi dan transportasi. Sangat tidak efektif dan efisien dalam hal biaya operasional.

Oleh karena itu, jika menggunakan jaringan WAN, maka hal-hal tersebut bisa dihindari yang juga berdampak pada efisiensi biaya operasional.

4. Memberi Dukungan Operasional Perusahaan

Fungsi dari jaringan WAN sendiri lebih banyak dimanfaatkan oleh perusahaan. Baik itu perusahaan multinasional maupun perusahaan berskala internasional.

Operasionalitas perusahaan yang menggunakan jaringan WAN akan jadi lebih baik. Hal tersebut karena pertukaran arus informasi dan komunikasi pun jadi lebih cepat dan mudah.

Perangkat Jaringan WAN

Perangkat Jaringan WAN
qwords.com

Setiap jaringan komputer, bahkan yang cakupan areanya lebih sempit, pun memiliki perangkat yang mendukung kinerjanya.  Untuk jaringan WAN, ada beberapa perangkat yang harus ada agar fungsi dari jaringan ini bisa optimal.

1. Router

Router ini merupakan perangkat jaringan intelligent yang aktif untuk mengatur jaringan.  Router inilah yang bertugas untuk menganalisa data dan informasi yang dikirim LAN. Kemudian akan diteruskan ke interface WAN berdasarkan routing tablenya.

2. CSU/DSU

Perangkat selanjutnya yang juga berperan penting dalam jaringan WAN adalah CSU/DSU. Perangkat ini berfungsi sebagai jalur dari komunikasi sinyal dimana formatnya sudah ditentukan.

Baca Juga  √ Pengertian VGA Card [Kartu Grafis]: Sejarah, Fungsi, Jenis & Cara Kerja

Kedua perangkat ini tak bisa dipisahkan karena jalur digital yang terdapat pada CSU dan DSU sangat dibutuhkan dalam pembentukan jaringan WAN.

3. Communication Server

Perangkat selanjutnya yang dibutuhkan pada jaringan WAN adalah communication server. Perangkat ini berfungsi sebagai remote untuk akses ke LAN serta untuk menkonsentrasikan komunikasi dari pengguna dial-in. Communication server ini mempunyai interface analog maupun digital. Selain itu juga bisa melayani lebih dari satu pengguna bersamaan.

4. Modem

Dalam pembuatan sebuah jaringan, dibutuhkan jaringan yang memiliki peran untuk menyiapkan data yang nantinya ditransmisikan melalui local loop. Fungsi inilah yang didapatkan dari perangkat modem ini. Modem ini terutama sangat dibutuhkan untuk penggunaan jalur komunikasi analog daripada jalur komunikasi digital.

Modem yang bekerja untuk memodulasi dan demodulasi sinyal sangat berperan dalam pengiriman data melalui jalur telepon.

Sinyal digital yang sebelumnya sudah dimodulasi kemudian dilanjutkan ke sinyal suara analog untuk kemudian ditransmisikan. Selanjutnya, sinyal analog akan dikembalikan menjadi sinyal digital yang disebut dengan proses demodulasi.

Cara Kerja Jaringan WAN 

Prinsip kerja jaringan WAN bisa digambarkan seperti berikut ini:

  • Sebuah komputer server akan ditempatkan di lokasi tertentu untuk mendukung segala kebutuhan akses informasi dan database yang dimiliki
  • Komputer server tersebut akan mentransmisikan informasi ke jaringan komputer yang telah di desain dan dibangun sesuai topologi yang diperlukan
  • Beberapa komputer user akan saling terhubung dengan mengakses data atau informasi yang terdapat pada komputer server.

Atau mungkin untuk gambaran cara kerja yang lebih jelasnya kita buatkan contoh kasus :

  • Perusahaan ABC berskala Internasional akan membuka cabang di berbagai kota di Indonesia : Surabaya, Jakarta, Malang, Pontianak, dan Pekanbaru.
  • Nah, secara logika perusahaan ABC tersebut tentu tidak akan membuat komputer server sendiri-sendiri di setiap cabang yang ada.
  • Untuk itu Perusahaan ABC akan menerapkan sebuah jaringan WAN agar semua komputer bisa saling terhubung dan saling bisa mengakses informasi langsung dari komputer database server pusat.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WAN

Sama seperti jenis jaringan lainnya, jaringan WAN ini juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari jaringan ini tak bisa dipungkiri sangat membantu dan memudahkan dalam banyak hal. Namun, kekurangannya pun tidak boleh diabaikan.

Baca Juga  Pengertian Bahasa Pemrograman Java: Fungsi, Contoh, Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan :

Adapun kelebihan adanya jaringan WAN ini adalah :

1. Mampu Menjangkau Area yang Luas

Kelebihan utama dari adanya jaringan komputer WAN ini tentu didapatkan dari karakteristiknya yang mampu menjangkau area yang luas. Karena jangkauan areanya yang luas ini dapat menjangkau satu negara, benua bahkan bukan tidak mungkin menjangkau ke seluruh dunia.

2. Bisa Menggunakan Data yang Sama

Penggunaan jaringan komputer dengan jangkau yang luas juga menguntungkan karena dengan begitu, semua yang berada dalam 1 jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.

Hal ini sangat menguntungkan, terutama bagi perusahaan yang memiliki kantor cabang terpisah di luar kota atau luar negeri. Dengan penggunaan data yang sama, maka bisa meminimalisir terjadinya miskomunikasi.

3. Transfer File Jadi Lebih Cepat

Kelebihan selanjutnya dari penggunaan jaringan WAN ini adalah membuat pengiriman file ke tempat yang jaraknya terbilang jauh pun bisa dilakukan dengan cepat. Namun keunggulan ini bisa didapatkan hanya jika jaringan tersebut terkoneksi ke jaringan internet.

4. Informasi Update dan Real Time

Keunggulan lain dari jenis jaringan komputer Wide Area Network (WAN) yang tidak didapatkan dari jaringan lain adalah informasi yang didapatkan. Informasi yang Anda dapatkan dari jaringan WAN ini sifatnya update dan realtime.

Kekurangan :

Dibalik banyaknya keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh jaringan yang mencakup area yang luas ini, ada pula kekurangannya. Kekurangan dari jaringan WAN inilah yang harus diantisipasi oleh pengguna sebagai upaya untuk meminimalisir dampaknya.

1. Biaya Operasional Tinggi

Dari segi biaya operasional, tentu saja jaringan WAN ini lebih mahal dibandingkan jenis jaringan lain. Biaya tersebut digunakan untuk kebutuhan maintanance, pembangunan sarana dan fasilitas jaringan dan kebutuhan lainnya.

2. Pengaturan Lebih Rumit

Jaringan WAN ini melibatkan banyak perangkat sehingga dalam proses setting pun lebih rumit. Ini jugalah yang menjadi kendala saat akan membuat jaringan ini.

3. Rentan dengan Ancaman dari Luar

Kekurangan jaringan WAN yang harus diwaspadai adalah rentannya jaringan ini dengan serangan dari luar, baik itu hacker atau ancaman lainnya. Karena itu dibutuhkan firewall yang baik untuk membatasi penggunanya.


Dengan mengetahui pengertian jaringan WAN beserta fungsi, karakteristik, perangkat yang digunakan beserta kelebihan dan kekurangannya, maka Anda akan bisa lebih memahami berbagai jaringan komputer yang sering digunakan

Leave a Comment