√ CCTV Tidak Merekam: Penyebab dan Cara Mengatasinya [BERHASIL]

CCTV tidak mau merekamCCTV merupakan perangkat keamanan yang saat ini banyak digunakan karena fungsinya bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan di rumah atau lingkungan tempat kamera pengawas ini dipasang.

Namun, bagaimana jika kamera pengawas ini tidak bisa merekam? Tentu cctv tidak bisa berjalan sebagaimana fungsinya. Karena itu Anda harus tahu kenapa cctv tidak merekam dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi CCTV Tidak Mau Merekam

Penyebab dan Cara Mengatasi CCTV Tidak Mau Merekam

Meskipun perangkat ini banyak digunakan, namun banyak pula pengguna cctv yang sering mengalami kendala. Umumnya kendala yang dialami adalah rekaman tidak muncul di layar monitor atau bisa juga karena cctv tidak merekam.

Hal ini akan sangat merugikan jika tidak segera diatasi. Karena itu Anda harus tahu penyebab cctv tidak merekam untuk kemudian bisa mengatasinya.

1. Kabel Konektor Putus

Penyebab paling sering yang menyebabkan cctv tidak bisa merekam atau hasil rekaman tidak tampil di monitor adalah karena kabel konektor yang putus.

Kabel yang terputus ini pun bisa disebabkan karena banyak hal, seperti digigit tikus misalnya. Penyebab lain bisa jadi karena kualitas kabel yang kurang bagus.

Cara Mengatasi :

Jika penyebab cctv tidak merekam adalah karena kabel yang putus, cara mengatasinya adalah dengan cek lebih dulu penyebab kabel putus.
Jika masih memungkinkan, Anda bisa menyambungkan kabel tersebut. Jika sudah tidak memungkinkan, segera ganti kabel yang putus dengan kabel baru. Pastikan ganti dengan kabel berkualitas baik agar lebih tahan lama.

2. Power Supply atau Adaptor Mati

Penyebab selanjutnya yang bisa menjadi kemungkinan mengapa cctv tidak bisa merekam adalah karena power supply atau adaptornya mati.

Adaptor ini adalah sumber listrik dari cctv, makanya disebut sebagai power supply. Kalau adaptor cctvnya mati, maka sudah bisa dipastikan cctv tidak akan merekam.

Cara Mengatasi :

Untuk memastikan alasan cctv tidak merekam adalah karena adaptornya yang mati, Anda bisa mengecek kondisi adaptornya dengan menggunakan Avometer.

Jika setelah dicek dengan menggunakan alat ini, memang adaptornya yang mati, maka solusinya Anda harus mengganti power supply atau adaptornya.

3. Kamera Perekam Rusak

Perangkat CCTV ini terdiri atas beberapa komponen yang bekerja secara bersamaan. Kalau cctv Anda tidak merekam, bisa jadi penyebabnya adalah karena kamera perekam pada perangkat cctv sudah rusak.

Kalau kamera perekamnya rusak, maka gambar yang tersimpan di DVR ke monitor pun akan mati, sehingga tidak akan ada rekaman yang disimpan.

Cara Mengatasi :

Untuk penyebab cctv tidak bisa merekam karena kamera perekam yang rusak ini, solusi terbaik adalah membawa kamera cctv ke servis untuk diperiksa lebih lanjut sehingga bisa diperbaiki.

4. Port Konektor Rusak

Jika Anda sudah mengecek penyebab mengapa cctv tidak merekam dari penjelasan di atas namun tetap tidak bekerja, video tetap tidak terekam atau tidak tampil di monitor, maka bisa jadi penyebabnya adalah port konektor. Periksa port konektor yang letaknya berada di DVR.

Untuk mengecek port konektor ini, caranya dengan memindahkannya ke port lain, yang tentunya masih bisa berfungsi. Jika setelah dipindahkan port tidak mengalami kendala atau tidak terjadi error, maka bisa dipastikan port konektor yang bermasalah.

Cara Mengatasi :

Untuk mengatasinya, Anda bisa memindahkan atau menggunakan port lain yang masih bisa bekerja dengan baik. Sementara port konektor yang rusak harus diperbaiki di servis sehingga nantinya bisa digunakan lagi.

5. DVR Tidak Berfungsi atau Rusak

Penyebab lain yang menyebabkan cctv tidak merekam adalah karena DVR yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sudah rusak. DVR ini merupakan salah satu komponen utama pada cctv. Sehingga, ketika DVR rusak, maka sistem pada cctv pun tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Masalah lain yang mungkin terjadi pada DVR sehingga menyebabkan cctv tidak bisa merekam adalah hardisknya yang rusak. Hardisk pada DVR ini berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman yang direkam oleh kamera cctv. Karena itu perangkat ini juga pasti bekerja terus menerus selama cctv menyala.

Hal tersebut kemudian menyebabkan hardisk pada DVR rusak sehingga gambar jadi tidak bisa terekam. Karena hardisk DVR rusak, maka DVR pun akhirnya tidak bisa melakukan playback rekaman selama beberapa waktu saat kerusakan mulai terjadi.

Cara Mengatasi :

Jika masalahnya seperti ini, solusi terbaik adalah membawa DVR untuk segera diperbaiki. Harga DVR yang relatif mahal, mungkin membuat tidak semua orang bisa membeli yang baru. Namun jika tidak bisa diperbaiki, maka Anda benar-benar harus mengganti DVR dengan yang baru.

Untuk penyebab cctv yang tidak bisa merekam kareba DVR ini, Anda bisa mengidentifikasi sendiri kerusakannya sebelum dibawa ke servis. Pertama, buka mur pada DVR, kemudian keluarkan hardsik yang terindikasi rusak. Periksa masa garansi hardisk tersebut, jika masih berlaku, Anda bisa mengklaim garansinya sehingga tidak perlu membeli DVR yang baru.

6. Hardsik Mengalami Kebingungan dalam Penyimpanan

Sistem pada hardisk DVR bisa diatur dimana hasil rekaman dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu. Ada pula pengaturan yang memungkinkan DVR untuk menghapus video paling lama saat ada pemberitahuan bahwa memori sudah penuh.

Masalah terjadi ketika DVR sudah disetting secara normal, namun sebelum masuk jangka waktu penyimpanan habis, justru sudah lebih dulu diperingatkan bahwa kapasitas memori sudah habis. Pada saat inilah DVR mengalami Kebingungan yang membuatnya tidak bisa berfungsi normal.

Cara Mengatasi :

Jika penyebab cctv tidak merekam adalah karena hal tersebut, maka solusinya adalah dengan mereset atau memformat ulamg hardsik dalam DVR tersebut seperti awalnya. Jika masih belum berfungsi, baru Anda bisa membawanya untuk diservis.


Demikianlah beberapa penyebab CCTV tidak mau merekam lengkap dengan solusi cara mengatasinya dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat dan CCTV Anda bisa bekerja dengan normal!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like