√ HDMI Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Versi Kabel HDMI

Pengertian Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface) adalah perangkat multimedia yang menggunakan sistem antarmuka untuk disambungkan pada peralatan audio/video. Teknologi ini mampu meningkatkan kemampuan multimedia menjadi lebih canggih dan fungsional tinggi. Dibandingkan sistem analog, HDMI mampu mengompress sinyal untuk meminimalkan cahaya.

Ada beberapa jenis sinyal audio digital yang dihasilkan oleh perangkat multimedia satu ini. Beberapa sinyal audio tersebut diantaranya adalah DTS-HD Master Audio, Dolby TrueHD, PCM, DVD Audio, dan Super Audio CD. Sistem kerjanya akan diproses dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan perantara kabel tunggal HDMI.

Pengertian HDMI

Pengertian HDMI

Pengertian HDMI secara spesifik adalah sebuah port yang memiliki standar interface multimedia dan fungsinya sebagai penghubung pada peralatan audio/video.

Teknologi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2002 yang mengandalkan penelitian dari tujuh perusahaan terkemuda di dunia. Lalu pada tahun 2003 perangkat tersebut mulai diproduksi dalam jumlah tinggi dan diedarkan secara umum.

Pada era modern ini, keberadaan kabel HDMI menjadi salah satu kebutuhan yang telah banyak digunakan. Hal ini karena fungsinya sebagai konektor mampu meningkatkan tampilan antarmuka menjadi lebih memuaskan. Selain itu, keberadaannya juga tidak bisa dipisahkan lagi dari Laptop atau PC.

Fungsi Kabel HDMI

 

Fungsi Kabel HDMI

Fungsi kabel HDMI secara umum adalah digunakan untuk penghubung atau konektor perangkat yang didukung sinyal High Definition. Namun, selain fungsi umum tersebut, masih ada beberapa fungsi lain yang bisa diperoleh dari penggunaan kabel HDMI.

Beberapa fungsi tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Mengkompress Sinyal

Kabel HDMI mampu mengompress sinyal secara digital dan menjadikannya lebih berkualitas tinggi. Hal ini karena sinyal yang dihasilkan sudah level tinggi dan berbeda dengan jenis kabel analog. Kabel analog masih menghasilkan sinyal audio atau video yang berkualitas rendah.

2. Mempercepat Transfer

Jika perangkat konektor lainnya membutuhkan waktu cukup lama untuk mentransfer sinyalnya, maka kabel HDMI sudah dibekali dengan kecepatan tinggi. Setaip detiknya, kecepatan HDMI yang ditawarkan adalah sebesar 5GB sehingga tidak dapat dipungkiri apabila kualitas yang dihasilkan juga sangat tinggi.

3. Mendukung Komunikasi Dua Arah

Pada dasarnya, teknologi kabel HDMI sudah mendukung adanya sumber komunikasi dua arah seperti pada output video dan DTV. Tampilan antarmukanya juga akan disesuaikan dengan perangkat yang tersambung sehingga akan tetap mumpuni saat digunakan berkomunikasi dua arah.

4. Menyediakan Fungsi Berbeda Pada Setiap Perangkat

Hal yang menarik dari kabel HDMI adalah bisa digunakan pada semua perangkat yang memang support dengan jenis portnya. Masing-masing perangkat juga mengambil fungsi berbeda dari penggunaan HDMI. Seperti misalnya pada perangkat DVD Player yang akan disambungkan ke TV LED, keberadaan kabel HDMI akan membuat film berkualitas tinggi.

5. Memudahkan Penggunanya

Lewat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh HDMI, pengguna bisa menikmati kecanggihan teknologi dengan lebih leluasa. Tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh perseorangan saja, kabel HDMI juga termasuk perangkat pendukung yang bisa digunakan dalam dunia pendidikan, pemerintahan, dan yang lainnya.

Jenis-Jenis Kabel HDMI

Jenis Jenis Kabel HDMI

Panjang pendeknya kabel HDMI yang dipilih akan menentukan kualitas sinyal yang dihasilkan. Hal ini karena semakin panjang kabel maka sinyal yang dihantarkan juga akan semakin lemah.

Berikut ini terdapat beberapa jenis kabel HDMI mulai dari yang standar hingga berkecepatan ultra tinggi.

1. Kabel HDMI Standar

Sesuai dengan namanya, kabel HDMI standar adalah yang sudah sangat umum digunakan. Kabel ini dirancang sebagai konektor resolusi siaran kabel, HDTV, dan TV satelit umum. Bentuknya lebih lebar karena memang disesuaikan dengan perangkat yang akan dihubungkan. Untuk kualitas sinyal yang ditawarkan bisa mencapai 720p hingga 1080i.

Selain beberapa perangkat di atas, kabel standar bisa juga digunakan sebagai penghubung konsole game, Laptop, TV, dan sejenisnya. Fungsi pada masing-masing perangkat yang dihubungkan juga berbeda-beda karena mengikuti cara kerja yang ada di dalamnya. Namun bisa dipastikan apabila sistem transfer sinyal yang dilakukan sangatlah cepat.

2. Kabel HDMI Otomotif Standar

Jenis kabel yang kedua adalah otomotif standar yang tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis standar pertama. Perbedaannya terletak di bagian perangkat yang dihubungkan. Jika sebelumnya perangkat yang ditampilkan hanya berkutat pada perangkat elektronik standar saja, kali ini bisa diaplikasikan pada perangkat otomotif.

Contohnya adalah dihubungkan pada pemutar DVD portabel atau perangkat lainnya yang kemudian di tampilkan pada video in car. Jadi, bagi pengendara mobil bisa dengan mudah menikmati berbagai konten hiburan yang menarik. Dengan begitu, video in car yang dihasilkan pasti sangat beragam.

3. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi

Setiap jenis kabel HDMI memang dilengkapi dengan fungsi berbeda-beda. Faktanya, di setiap seri akan muncul beberapa kelebihan atau keunggulan berbeda yang membuatnya lebih mumpuni dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk jenis ini, kabel yang disambungkan pada perangkat akan membuatnya memiliki kecepatan sinyal tinggi.

Fungsi utama dari kabel in adalah didesain khusus untuk menangani resolusi video hingga kualitas 1080p dan 4K. Selain itu, ada juga dukungan tampilan 3D, Deep Color, dan beberapa inovasi tampilan lainnya. Biasanya kabel ini digunakan pada beberapa perhelatan acara besar atau teater.

4. Kabel HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi

Seri kabel satu ini sebenarnya sama saja dengan seri sebelumnya, hanya saja lebih diutamakan pada penggunaan teknologi otomotif. Sebenarnya, seri satu ini merupakan inovasi yang diperoleh dari hasil pengembangan kabel HDMI otomotif standar dan berkecepatan tinggi.

Kualitas video yang ditampilkan tetap mengikuti dari perangkat awalnya, hanya saja kali ini lebih ditingkatkan lagi kecepatan transfernya. Setiap hitungan 1 detik, kecepatan transfer yang ditawarkan adalah sebesar 5GB sehingga tidak mengherankan apabila proses transfer tidak membutuhkan waktu lama.

5. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium

Karena mendapatkan embel-embel premium, tentunya kualitas sinyal dan kecepatan yang ditawarkan semakin tinggi dari seri sebelumnya. Kabel ini memang dirancang khusus agar bisa digunakan untuk mentransfer video resolusi tinggi seperti 4K atau HD. Kecepatan tersebut adalah 8GB/detik.

Kelebihan dari penggunaan kabel ini adalah mampu menghasilkan rentang warna yang lebih diperluas lagi. Maksudnya, warna-warna yang telah ada sebelumnya lebih dipertajam lagi menjadi tampilan yang sangat tajam. Harga kabel ini dipasaran memang cukup tinggi, tetapi peminatnya tetap banyak.

Kelebihan dan Kekurangan HDMI

Sebagai perangkat yang difungsikan sebagai konektor, HDMI juga dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari kabel HDMI yang perlu diketahui agar penggunaannya lebih efektif.

1. Kecepatan Transfer

HDMI memang terkenal sebagai perangkat yang memiliki kecepatan transfer tinggi sehingga banyak yang memilih untuk menggunakannya. Kecepatan yang ditawarkan juga sangat bervariasi, tergantung pada seri yang dipilih. Biasanya, pada setiap kecepatan yang ditawarkan juga dilengkapi dengan beberapa kelebihan lainnya.

Sayangnya, apabila kabel yang dipilih terlalu panjang dapat menyebabkan sinyal menjadi lemah. Hal tersebut secara otomatis akan menyebabkan proses transfer menjadi lebih lemot. Untuk itu memang lebih disarankan memilih kabel HDMI yang memiliki ukuran panjang standar.

2. Mengoptimalkan Lingkungan Otomotif

Pada kabel HDMI seri otomotif berkecepatan tinggi, fungsi yang dihadirkan adalah untuk mengoptimalkan perangkat teknologi pada dunia otomotif. Hal ini merupakan salah satu inovasi yang bagus mengingat pada dasarnya teknologi yang disematkan pada perangkat otomotif sudah sangat canggih.

Namun, tidak semua kabel bisa compatible dengan jenis teknologi monitor yang dimiliki oleh setiap mobil. Ada juga beberapa monitor yang tidak bisa tersambung dengan teknologi HDMI karena masih belum mengandalkan teknologi paling mutakhir.

Perbedaan HDMI dengan VGA

 

Perbedaan HDMI dan VGA

Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis kabel konektor yang bisa dipilih untuk meningkatkan penggunaan teknologi. Diantara beberapa jenis tersebut, kabel HDMI dan VGA adalah yang paling banyak dianggap mirip. Hal ini karena tampilan bentuknya memang sekilas terlihat cukup mirip, tetapi jika dilihat secara mendetail pasti terlihat sangat berbeda.

Sama seperti kabel HDMI, kabel VGA juga mampu berperan sebagai perangkat penghubung CPU ke Komputer, Laptop ke LCD, dan masih banyak yang lainnya. Namun, kualitas dan kecepatan transfer yang ditawarkan dari kedua perangkat penghubung tersebut benar-benar sangat berbeda.

Selain itu, kabel konektor HDMI merupakan jenis kabel tunggal dan berbeda dengan VGA yang merupakan kabel ganda. Dari jenisnya, kabel VGA juga hanya memiliki beberapa seri yang tidak sebanyak HDMI. Hal itulah yang menjadi alasan kabel HDMI lebih banyak dipilih dibandingkan dengan kabel VGA.

Versi Kabel HDMI dan Fiturnya

Versi HDMI 1.0 1.1 1.2/1.2a 1.3 1.3a/1.3b/1.3b1
sRGB Yes Yes Yes Yes Yes
YCbCr Yes Yes Yes Yes Yes
8 Chanel LPCM/192 kHz/24-bit audio capability Yes Yes Yes Yes Yes
Blu-ray Disc video and audio at full resolution Yes Yes Yes Yes Yes
Consumer Elevtronic Control (CEC) Yes Yes Yes Yes Yes
DVD-Audio Support No Yes Yes Yes Yes
Super Audio CD (DSD) Support No No Yes Yes Yes
Deep Color No No No Yes Yes
xvYCC No No No Yes Yes
Auto Lip-sync No No No Yes Yes
Dolby TrueHD Bitstream Capable No No No Yes Yes
DTS-HD Master Audio Bitstrem Capable No No No Yes Yes
Updated List of CEC Commands No No No No Yes

Demikianlah ulasan lengkap seputar pengertian, fungsi, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan HDMI. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like