√ 17+ Bagian-Bagian Laptop Beserta Fungsinya Lengkap

Bagian-bagian Laptop – Perkembangan teknologi membuat berbagai hal kini dapat dilakukan dengan lebih mudah. Salah satu produk teknologi yang memudahkan adalah laptop. Bentuknya ringkas dengan fungsi yang lengkap menjadikan perangkat ini sebagai perangkat kerja yang mendukung untuk penggunaan dengan mobilitas tinggi.

Setiap bagian-bagian dari laptop memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi utama dari laptop yang akan memudahkan pekerjaan dimanapun dan kapanpun Anda berada ini juga tak lepas dari peran masing-masing bagiannya.

Meskipun secara umum memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer, namun bagian-bagiannya tentu berbeda. Berikut adalah penjelasan bagian bagian laptop dan fungsinya.

1. Layar LCD

Layar LCD

Bagian selanjutnya dari laptop adalah layar LCD (Luquod Crystal Display). Fungsi dari bagian ini adalah untuk menampilkan gambar atau visual yang dihasilkan oleh graphic card (kartu grafis).

Cara kerja LCD ini adalah dengan menerima sinyal dari graphic card melalui kabel LCD. Layar LCD ini memiliki berbagai tingkatan resolusi. Semakin tinggi resolusi, maka semakin bagus kualitas gambarnya.

2. Casing Laptop

Dari bagian paling luar adalah casing. Bagian ini fungsi utamanya adalah untuk memasang laptop dan melindunginya. Dengan adanya casing ini, bagian dalam dari laptop dapat terlindungi dari gangguan luar serta dari debu.

3. Web Camera

Web Camera

Web camera atau juga dikenal sebagai webcam ini sebenarnya bukan bagian utama dari laptop, namun tetap memiliki fungsi yang signifikan.

Komponen berupa kamera kecil yang tertanam di bezel bagian atas layar ini umumnya juga dibekali dengan kamera web-built-in. Kualitas webcam ini juga tidak sebagus kamera smartphone, karena memang ini hanya komponen tambahan.

4. Keyboard

Saat membuka laptop, selain layar LCD, keyboard adalah bagian lain dari laptop yang mendominasi. Keyboard ini adalah papan untuk mengetik yang tersusun dari huruf-huruf abjad, angka dan simbol-simbol. Fungsi dari papan ketik ini adalah untuk memasukkan perintah dan menginput data ke sistem laptop.

5. Touchpad

Touchpad

Kalau pada komputer, Anda menggerakkan kursor menggunakan mouse, maka pada laptop fungsi tersebut digantikan oleh touchpad. Untuk mengarahkan pointer dengan touchpad cukup dengan menggunakan jari.

Pada toucpad, selain papan sentuh, ada pula bagian dengan dua tombol di bagian kiri dan kanan dengan fungsi yang sama seperti mouse.

6. Power AC/DC Adapter

Laptop menggunakan baterai sebagai sumber energi utamanya. Karena itu, layaknya perangkat dengan baterai lainnya, dibutuhkan perangkat tambahan yang berfungsi untuk mengisi daya baterai atau charging.

Fungsi seperangkat power ac/dc adapter ini adalah sebagai power supply dari sumber listrik ke laptop. AC/DC adapter ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai penurun tegangan dari sumber listrik.

7. Baterai

Baterai Laptop

Baterai ini adalah bagian yang juga berperan sangat penting pada laptop. Fungsi utama baterai pada laptop adalah untuk menampung daya dari sumber listrik untuk kemudian digunakan saat tidak terhubung ke sumber listrik.

Bentuk dari baterai laptop ini sangat bervariasi dan bergantung pada perusahaan yang memproduksi laptop tersebut. Bahkan, saat ini sudah banyak merek laptop yang menggunakan jenis baterai tanam dengan kelebihan dan kekurangannya.

8. Hardisk

Hardisk atau juga dikenal sebagai hardrive ini adalah perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan data. Sistem operasi maupun mekanisme yang berkaitan dengan laptop serta informasi dan data akan disimpan pada bagian ini.

Ada beberapa jenis hardisk yang sering digunakan pada laptop. Hardisk berjenis SSD (Solid State Drive) adalah hardisk dengan kecepatan transfer yang terbilang cepat. Karena itu harganya pun tinggi. Selain itu, ukuran hardisk pada setiap merek atau tipe laptop juga berbeda, dan pasti menjadi salah satu spesifikasi yang dipertimbangkan saat membeli laptop.

9. RAM (Random Access Memory)

RAM Laptop

Hampir sama dengan hardisk, Random Access Memory (RAM) ini fungsinya juga untuk menyimpan data. Namun data yang disimpan di dalam RAM ini sifatnya sementara. RAM ini juga memiliki ukuran yang bervariasi pada setiap laptop.

Kapasitas RAM juga menjadi salah satu spesifikasi yang dilihat saat membeli laptop. Ini karena kapasitas RAM akan mempengaruhi kecepatan kerja dari laptop. RAM ini saat laptop dalam keadaan hidup digunakan sebagai kinerja prosesor laptop.

10. CPU atau Prosesor

Bagian paling penting dan utama dari perangkat komputer dan laptop adalah CPU (Central Processor Unit). CPU ini berperan sebagai otak dari laptop. Yang artinya segala sistem dan kerja yang dilakukan eh laptop dikontrol dari bagian ini.

Secara spesifik, fungsi dari prosesor ini adalah sebagai perangkat yang bertugas untuk memproses data, melakukan perhitungan dan menjalankan perintah yang diberikan dari bagian lain seperti keyboard. Letaknya adalah di bagiab motherboard.

Umumnya, ketika membeli laptop Anda akan mempertimbangkan jenis prosesor yang bisa dilihat dari label yang tertempel di bagian body laptop. Ada dua tipe prosesor yang umumnya ada pada laptop, yaitu prosesor dari Intel dan AMD. Jenisnya pun lebih bervariasi.

11. Motherboard

Motherboard Laptop

Motherboard ini adalah bagian laptop yang juga sangat penting perannya. Fungsi dasar motherboard adalah sebagai tempat memasang perangkat-perangkat utama laptop, seperti chipset, prosesor dan lain sebagainya.

Fungsi lain dari motherboard ini adalah sebagai pusat pengendali semua komponen atau bagian bagian laptop lain. Motherboard ini memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk setiap merk laptop. Karena itu, motherboard satu laptop belum tentu cocok dengan motherboard laptop lain.

12. Graphic Card (VGA)

Bagian atau komponen laptop satu ini berfungsi sangat penting untuk menerjemahkan bahasa komputer menjadi bentuk gambar yang ditampilkan di layar. Graphic card atau VGA ini terdiri dari dua jenis, yaitu VGA external yang tidak berada di motherboard dab VGA on-board yang sudah tertanam di dalam motherboard.

VGA external biasanya banyak digunakan pada laptop yang digunakan untuk pekerjaan berat seperti bermain game. Sedangkan untuk VGA on-board, ketika terjadi kerusakan, maka yang diganti harus keseluruhan motherboardnya. Meskipun begitu, VGA jenis ini terbilang lebih terjangkau dengan perawatan yang lebih mudah pula.

13. CD-ROM

CD-ROM Laptop

CD-ROM ini adalah bagian dari laptop atau komponen laptop yang berbentuk seperti balok. Fungsi dari CD-ROM adalah untuk membaca data dari CD atau membakar data ke CD. Data yang sudah disimpan dan dibakar di CD tersebut nantinya bisa dilihat atau dibaca ulang dengan bantuan komponen ini. CD-ROM memiliki dua tipe, yaitu SCSI dan ATA/IDE.

Baca juga : Pengertian CD, VCD dan DVD

14. Wireless Card

Komponen laptop selanjutnya adalah wireless card. Fungsi dari bagian laptop ini adalah untuk menghubungkan ke suatu jaringan tanpa kabel. Cara kerjanya dengan menerima sinyal yang dikirim dari perangkat lain.

15. CPU Cooling Fan

CPU Cooling Fan

Seperti namanya, bagian laptop ini berbentuk kipas dengan ukuran kecil. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengendalikan atau mendinginkan suhu prosesor. Terletak di board laptop. Dengan adanya cooling fan yang mengendalikan suhu laptop, maka laptop pun bisa bekerja lebih lama.

16. Sound Card

Jika sebelumnya VGA atau kartu grafis berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer menjadi Bentuk gambar, maka sound card melengkapinya. Fungsi utama bagian atau komponen laptop ini adalah untuk menampilkan sound pada laptop. Umumnya sound card laptop terpasang pada motherboard. Namun jika dibutuhkan, ada pula sound card external yang bisa dipasang.

17. Komponen Pendukung 

Selain berbagai komponen atau bagian bagian laptop inti yang sudah dijelaskan beserta fungsinya di atas, ada pula komponen atau bagian pendukung lain.

Bagian ini biasanya bersifat external atau tidak terdapat di dalam laptop. Fungsinya adalah untuk mendukung fungsi dari beberapa komponen utama yang sudah disebutkan di atas.

  • Webcam Output

Seperti misalnya webcam output. Sesuai namanya, bagian ini adalah komponen pendukung laptop yang fungsinya mendukung kinerja webcam. Dengan menggunakan webcam output, kualitas gambar yang bisa direkam dari webcam bisa meningkat.

  • Speaker

Ada pula speaker yang juga merupakan aksesoris pendukung laptop. Fungsinya juga sama untuk meningkatkan kualitas audio laptop atau membuat audio yang keluar dari laptop lebih keras. Saat ini sudah banyak jenis dan tipe speaker yang bisa Anda pilih untuk menunjang fungsi audio laptop untuk berbagai kebutuhan.


Nah, dengan mempelajari setiap bagian bagian laptop beserta fungsinya, Anda kini bisa menggunakannya dengan baik. Semoga bermanfaa!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like