√ Pengertian VGA Card [Kartu Grafis]: Sejarah, Fungsi, Jenis & Cara Kerja

Pengertian VGA Card – Bagi Anda yang ingin membeli komputer/laptop, sebaiknya perhatikan juga jenis VGA Card yang digunakan. VGA ini memiliki peran penting terhadap performa grafis laptop maupun komputer. 

Video Graphics Accelerator (VGA) sendiri merupakan sebuah standar grafis yang diterapkan atau digunakan oleh banyak perusahaan pembuat kartu grafis. Umumnya, semakin berat kerja dari laptop yang akan digunakan, spesifikasi VGA yang digunakan pun akan semakin tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Pengertian VGA Card 

Pengertian VGA Card

VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah perangkat keras laptop/komputer yang berfungsi untuk memproses atau menerjemahkan informasi grafis untuk kemudian ditampilkan pada layar monitor.

Dengan kata lain, tanpa adanya VGA Card ini, Anda tidak akan bisa melihat tampilan apapun dari layar laptop atau komputer.

VGA Card juga disebut sebagai kartu grafis yang mempunyai GPU (Graphics Processing Unit) sebagai processornya serta memerlukan memory.

Sejarah Perkembangan VGA Card

Sejarah Perkembangan VGA Card

Perangkat keras ini juga mengalami sejarah yang cukup panjang sejak pertama kali diciptakan. VGA Card yang pertama dibuat pada 1981 oleh IBM. IBM ini sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi yang membuat dan memproduksi software dan hardware. Salah satu produk buatannya adalah VGA Card ini.

VGA Card yang pertama kali dibuat ini diberi nama Monochrome Display Adapter (MDA). Sayangnya, perangkat ini hanya bisa digunakan untuk text mode. Itupun hanya berukuran 80 kolom 20 baris, video memorinya hanya 4kb serta hanya mendukung 1 warna.  Barulah setelah MDA diluncurkan banyak kartu grafis lain yang mulai bermunculan.

Karena kesuksesannya ini, banyak perusahaan yang terus mengembangkan kartu grafis dengan peningkatan jumlah warna sekaligus resolusinya. Hingga kemudian, pada tahun 1995 kartu grafis 2D/3D mulai muncul.

Kartu grafis yang dikembangkan oleh Creative, Mactrox, ATI, S3 dan lain sebagainya ini sudah mengikuti standar SVGA sekaligus sudah mendukung adanya teknologi 3D. Kemudian di tahun 1997, Voodoo graphic chip yang dikeluarkan oleh 3dfx sudah memperkenalkan penggunaan teknologi efek 3D. Barulah setelah itu, kartu grafis berteknologi 3D lain bermunculan.

Mulai dari tahun 1999-2002, kartu grafis di pasaran didominasi oleh NVidia melalui produknya yang dikenal dengan GeForce. Di tahun selanjutnya, yaitu 2003, pasar kartu grafis didominasi oleh Nvidia dan ATI dengan produk GeForce dan Rodeon. Bahkan hingga kini Nvidia masih menjadi pemegang dominasi pasar kartu grafis.

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card

VGA card saat ini sudah banyak tergantikan dengan adanya VGA Card onboard yang mana sudah terpasang langsung pada motherboard, namun dalam kasus tertentu VGA Card ini masih sangat dibutuhkan terutama untuk jenis komputer gaming maupun komputer dengan kebutuhan desain grafis yang berat.

Adapun fungsi dari VGA Card juga sangat beragam, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Mengubah sinyal digital menjadi sinyal grafis

Fungsi utama dari perangkat VGA Card ini tentu saja untuk mengubah atau menerjemahkan dari sinyal digital untuk menjadi tampilan grafi.

Jadi, tampilan yang Anda lihat saat mengoperasikan komputer adalah peran dari VGA card ini.

2. Membuat tampilan lebih jernih, tajam dan jelas

VGA Card ini juga memiliki fungsi yang memungkinkan pengguna mendapatkan gambar tampilang yang berkualitas. Karena itu biasanya pemilihan spesifikasi VGA ini juga disesuaikan untuk kebutuhan penggunaannya.

Jika komputer digunakan untuk kebutuhan desain ataupun gaming, maka VGA card yang digunakan pun harus berkualitas tinggi untuk bisa menghasilkan gambar yang di inginkan.

3. Menyambungkan perangkat laptop ke TV

Seiring perkembangan jaman, setiap perangkat saat ini bisa disambungkan dengan perangkat lain untuk bisa mendapatkan manfaat lebih. Seperti misalnya menyambungkan Perangkat Laptop ke TV jika ingin menggunakannya untuk menonton film.

Nah untuk mendapatkan fungsi tersebut, dibutuhkan vga card serta peran dari kabel HDMI. Kedua perangkat ini memungkinkan Anda untuk menyambungkan laptop ke TV.

Jenis-Jenis VGA Card

Jenis-Jenis VGA Card

Ada beberapa jenis VGA card yang dibedakan berdasarkan bentuk fisiknya, memori RAM serta berdasarkan arsitektur sistem I/O pada bus VGA itu sendiri.

1. VGA Card Berdasarkan Bentuk Fisik

Setidaknya ada 2 jenis VGA jika dilihat berdasarkan bentuk fisiknya. Yaitu VGA On-board dan VGA Add-on.

  • VGA On-Board

Jenis VGA ini adalah jenis VGA yang umumnya digunakan pada laptop atau komputer standart. VGA On-board ini maksudnya adalah VGA yang memiliki chip yang digunakan bersama motherboard. VGA jenis ini tidak bisa dilepas dan hanya bisa bekerja dengan bantuan dari RAM.

VGA jenis ini biasanya ditanamkan pada komputer berspesifikasi rendah yang umumnya digunakan untuk aktifitas standar, bukan untuk bermain game atau membuat desain. Keunggulan jenis VGA ini adalah perawatannya yang relatif mudah serta harga yang juga relatif terjangkau.

  • VGA Add-On

Jenis ini berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, karena bisa dilepas untuk kemudian diganti dengan VGA lain sesuai kebutuhan. Cara kerjanya pun berbanding terbalik, karena bisa bekerja tanpa mengandalkan RAM, dan pastinya terpisah letaknya dari motherboard.

Keunggulan jenis VGA ini adalah memungkinkan untuk penggunaan atau aktifitas berat, seperti mendesain, bermain game dan lain sebagainya. Karena digunakan untuk aktifitas berat, maka saat digunakan pada komputer berspesifikasi tinggi, performanya semakin maksimal.

Selain itu, tampilannya pun jauh lebih jernih. Apalagi jika digunakan untuk memutar film, dapat memutar dengan resolusi tertinggi. Jika ingin upgrade pun mudah karena tinggal mengganti VGA saja. Sayangnya memang harganya jauh lebih mahal dan pastinya tidak semua komputer bisa mendukung penggantian vganya.

2. VGA Card Berdasarkan Memory

Jenis VGA juga dibagi berdasarkan jenis memori pada RAM yang digunakan. Setiap memori RAM yang digunakan bisa kompatibel dengan jenis VGA yang berbeda. Karena itu, dengan mengetahuinya maka Anda juga bisa memilih jenis VGA yang sesuai.

  • EDO RAM

VGA Card yang pertama menggunakan jenis EDO RAM. Jenis VGA card ini memiliki kecepatan 60-35ns. Umumnya atau yang sering ditemukan di pasaran, VGA card EDO RAM ini banyak digunakan pada graphic card yang berukuran 64bit. Penggunannya biasanya pada kecepatan 60 MHz.

  • DRAM

Jenis selanjutnya adalah vga card yang menggunakan jenis RAM DRAM. Kecepatannya antara 70-80ns. Umumnya DRAM ini digunakan pada kartu grafis berukuran mulai dari 8 hingga 32bit. Penggunaannya pun biasanya untuk komputer entry level dimana tidak membutuhkan warna grafis terlalu banyak serta tidak pula berkecepatan tinggi.

  • SGRAM

VGA Card selanjutnya memiliki tipe memori Synchronous Graphic RAM (SGRAM). Jenis RAM ini memiliki kecepatan bahkan kurang dari 10ns. Umumnya, jenis VGA card yang menggunakan tipe RAM SGRAM ini digunakan pada komputer-komputer dengan graphic card berkelas tinggi. Jenis VGA card ini juga mempunya teknologi 3D accelerator.

  • VRAM

Jenis terakhir VGA card berdasarkan jenis memori RAMnya adalah VRAM. Jenis VGA ini memiliki speed antara 20-10ns. VGA Card jenis ini biasannya dipasang pada komputer yang digunakan khusus untuk bermain game atau untuk membuat desain grafis. VGA card ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal pula.

Cara Kerja VGA Card

Sebagai gambaran untuk Ada semua bagaimana VGA Card ini bekerja, coba simak step-stepnya berikut ini :

  • Jadi ketika sebuah aplikasi di jalankan pada komputer, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan meminta bantuan kepada driver VGA.
  • Driver VGA akan langsung bekerja untuk mengambil data digital dari aplikasi tersebut untuk kemudian dikonversikan menjadi format tertentu yang dimengerti oleh VGA Card.
  • Kemudian driver akan mengirimkan format data kepada VGA Card untuk dilakukan proses rendering.
  • Setelah proses rendering selesai, data akan di simpan pada memory VGA dan GPU akan mengambil data tersebut dan mengubahnya menjadi pixel gambar.
  • Pada tahap ini, piksel masih akan dikirim ke Video RAM yang terhubung langsung dengan RAMDAC
  • RAMDAC akan menterjemahkan piksel gambar ke sinyal analog agar bisa diterima oleh monitor
  • Terakhir, RAMDAC akan mengirimkan gambar ke layar monitor sebagai hasil output

Rekomendasi VGA Card Berkualitas

Jika memperhatikan penjelasan di atas mulai dari pengertian VGA Card hingga jenis-jenisnya, sebenarnya ketika memilih VGA card atau spesifikasi VGA pada komputer atau laptop, ada baiknya disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

Rekomendasi VGA Card Berkualitas

berikut ini ada beberapa rekomendasi VGA berkualitas yang bisa menjadi referensi.

1. VGA Nvidia GTX 1050

Vga card satu ini bisa menjadi rekomendasi vga card berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan core 640, bandwidth 112GB/s serta speed dan boost clock masing-masing 1344 dan 1455 MHz. VGA ini cocon untuk penggunaan multimedia, editing hingga bermain game.

2. PowerColor RX 570 Red Dragon 4GB DDR5

Keunggulan vga card ini adalah tidak cepat penas dan anti debu. Memori yang digunakan bertipe GDDR5 berkapasitas 4GB. Clock speed vga card ini adalah 1750MHz. Dengan spesifikasi tersebut, VGA card ini sudah cukup mumpuni untuk penggunaan editing atau bermain game.

3. Nvidia GTX 1070 Ti

Vga card satu ini adalah produk yang cukup baru diluncurkan. Core vga card ini adalah 2432 dengan kapasitas memori sebesar 8GB bertipe GDDR5. Vga card ini memiliki speed clock sebesar 1607. Dengan spesifikasi tersebut performa yang diberikan akan sesuai dengan harga yang harus Anda bayarkan.


Dengan mengetahui pengertian VGA card, fungsi dan jenis-jenisnya, Anda pun kini dapat memilih sesuai kebutuhan. Rekomendasi ini pun bisa Anda coba untuk memenuhi kebutuhan grafis pada komputer Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like