Pengertian Xampp: Fungsi, Sejarah, Cara Instalasi Localhost Xampp

Pengertian Xampp – Istilah XAMPP mungkin masih asing untuk sebagian besar orang. Namun, tidak bagi orang-orang dalam bidang web developer. Dengan mengetahui pengertian XAMPP akan membuat Anda memahami lebih dalam tentang pengembangan website atau web developer.

Dalam mengembangkan sebuah website, umumnya dibutuhkan software khusus. Seperti misal salah satunya adalah software bernama XAMPP ini. Software ini cukup banyak digunakan oleh para pengembang website, namun tak sedikit pula diantara pengembang ini yang belum mengetahui pengertian XAMPP, sejarah, dan seluk beluknya yang lain.

Pengertian XAMPP

Pengertian Xampp

XAMPP ini diambil dari sebuah singkatan, dimana X adalah software yang bisa digunakan di 4 sistem operasi utama (Windows, Linux, Mac dan Solaris). Sementara A adalah singkatan dari Apache. M singkatan dari MySQL, P kependekan dari PHP dan P dari Perl.

Berdasarkan perkenalan Xampp tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian XAMPP adalah software yang merupakan gabungan dari beragam software yang memiliki fungsi sama. Fungsinya yaitu untuk membantu para pengembang website yang ingin memiliki web servernya sendiri.

Pengertian xampp menurut para ahli

  • Menurut Nugroho (2013:1), “XAMPP adalah paket program web lengkap
    yang dapat Anda pakai untuk belajar pemrograman web, khususnya PHP dan
    MySQL”
  • Menurut Buana (2014:4), “XAMPP adalah perangkat lunak opensource
    yang diunggah secara geratis dan bisa dijalankan di semua semua operasi seperti
    windows, linux, solaris, dan mac”.

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP

Secara umum, XAMPP berfungsi sebagai localhost atau server yang berdiri sendiri. XAMPP dapat mengampu beragam jenis data website yang sedang dikembangkan atau dalam proses pengembangan.

Dalam praktek penggunaannya, xampp ini dapat digunakan untuk menampilkan konten di dalam website atau menguji fitur-fitur di dalam website kepada orang lain secara offline.

Software ini bekerja secara offline seperti web hosting pada umumnya, bedanya localhost ini tidak bisa diakses banyak orang.

Karena itu, software ini umumnya digunakan oleh para pengembang website pemula, seperti pelajar atau mahasiswa untuk melihat website yang sudah dibuat sebelum website tersebut bisa diakses online dengan web hosting berbayar.

Bagian-Bagian Penting XAMPP

XAMPP merupakan sebuah web developer yang memiliki fungsi mirip seperti sebuah hosting yang sebenarnya.

Software ini terdiri dari beberapa bagian dengan peran penting. Adapun bagian-bagian penting dari software xampp ini antara lain adalah sebagai berikut.

Baca Juga  √ 13+ Bagian Bagian Motherboard dan Fungsinya + Gambar

1. PhPMyadmin

Bagian pertama dari xampp adalah PhPMyAdmin, fungsinya sebagai tempat untuk mengelola database MySQL yang ada di laptop atau komputer.

Cara mengaksesnya pun cukup mudah, karena Anda hanya cukup mengakses browser, baik Chrome atau Mozilla, lalu masukkan alamat http://localhost/phpMyadmin. Maka secara otomatis Anda akan dibawa ke tampilan login phpmyadmin.

2. Control Panel

Bagian selanjutnya dari xampp adalah control panel. Bagian ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengatur database dengan lebih leluasa. Baik itu untuk mengatur setting, mengunggah file atau hal lainnya.

Dari sini, pengguna juga dapat mengatur start pada aplikasi xampp dan stop yang gunanya untuk meringankan kinerja komputer.

3. Htdocs

Bagian penting terakhir dari software xampp ini adalah Htdocs. Bagian ini berupa folder yang fungsinya adalah untuk menyimpan dokumen dan file yang nantinya ditampilkan pada website. Kapasitas penyimpanan Htdocs ini bervariasi tergantung pada hardisk komputer yang digunakan.

Fitur-Fitur XAMPP

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, software xampp ini merupakan gabungan dari beberapa software menjadi satu. Karena itu, di dalamnya juga terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan pengguna dalam mengembangkan websitenya.

Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut.

1. PhP

PhP ini adalah sebuah bahasa pemrograman script, yang mana banyak dimanfaatkan dalam pemrograman website yang dinamis. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga bahasa pemrograman ini dipakai untuk penggunaan lain.

Ada beberapa contoh aplikasi PhP ini, salah satunya adalah MediaWiki dan phpBB.

2. MySQL

Fitur selanjutnya adalah MySQL (My Structured Query Language). Fitur ini berjalan seperti server yang menyediakan multi user untuk bisa mengakses ke beberapa database.

MySQL ini biasanya digunakan oleh software bebas yang membutuhkan adanya fitur penuh atas sistem manajemen database. MySQL ini bahkan juga digunakan dalam skala besar seperti pada Facebook dan Google.

3. Apache

Fitur terakhir adalah Apache, yang mana fitur ini sebenarnya merupakan sebuah software open source alternatif dari Netscape. Server Apache ini adalah server web yang bisa dijalankan dari berbagai jenis sistem operasi.

Baca Juga  Pengertian Socket Processor: Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Gambarnya

Kelebihan dan Kekurangan XAMPP

Ada banyak software web developer yang sebenarnya bisa digunakan oleh para pengembang website. Namun, XAMPP menjadi salah satu software yang cukup banyak digunakan. Ini karena XAMPP menawarkan banyak keunggulan meskipun ada pula beberapa kelemahan dari software ini.

Kelebihan :

1. Dapat Digunakan Secara Gratis

Keunggulan paling banyak menjadi alasan mengapa para web developer, terutama pemula, menggunakan software ini adalah karena software ini tidak berbayar. Ada pula versi berbayar yang bisa digunakan oleh para web developer yang sudah expert.

2. Keamanan Data Cukup Tinggi

XAMPP termasuk software dengan tingkat keamanan data yang cukup tinggi. Inilah yang juga menjadi keunggulan software ini sehingga banyak dipilih. Meskipun memang tingkat keamanannya tidak secanggih software lain sekelas Postgre.

3. Kecepatan yang Tinggi

Keunggulan lain yang menjadi andalan dari software XAMPP ini ada pada aspek kecepatannya. Software ini diklaim memiliki kecepatan tinggi yang bisa diandalkan oleh penggunanya.

4. Multiplatform

Keunggulan lain yang tak kalah penting adalah multiplatform. Karena merupakan software yang multiplatform, maka software ini dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi. Anda bisa menggunakannya pada Windows, Linux, Mac maupun Solaris.

Selain itu, MySQL software ini juga cocok untuk digunakan pada aplikasi apapun, baik kelas kecil maupun menengah.

Kekurangan :

1. Keterbatasan Kinerja pada Server

Kekurangan pertama dari software ini pada kinerja severnya. Apabila data yang disimpan sudah melebihi kapasitas daya tampung server, maka kinerjanya pun akan terpengaruh. Hal tersebut karena software ini tidak menggunakan konsep Technology Cluste.

2. Tidak Untuk Menangani Data Besar

XAMPP merupakan software yang tidak disarankan untuk penggunaan data besar, baik itu untuk memproses maupun menyimpan data dalam jumlah besar. Inilah kekurangan selanjutnya dari software XAMPP.

Cara Install XAMPP di Komputer atau PC

Setelah mengetahui tentang xampp, mulai dari pengertian, bagian-bagian hingga fiturnya, selanjutnya Anda juga harus belajar bagaimana menginstall software ini.

Cara install software ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menginstal software lainnya. Berikut adalah cara menginstal XAMPP yang bisa Anda ikuti.

1. Siapkan File XAMPP

Cara instal Xampp

Sebelum mulai menginstal software ini, siapkan dulu file software XAMPP di perangkat komputer atau laptop Anda. File ini bisa Anda dapatkan secara gratis di berbagai situs teknologi atau mengunduhnya disini.

Baca Juga  √ Pengertian VGA Card [Kartu Grafis]: Sejarah, Fungsi, Jenis & Cara Kerja

2. Siapkan Ruang di Hardisk Laptop

Setelah mengunduh file XAMPP ke perangkat Anda, sebelum mulai proses instalasi, siapkan dulu ruang penyimpanan di hardisk Anda. Ruang penyimpanan pada hardisk komputer atau ROM Anda setidaknya masih menyisakan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB.

Ruang penyimpanan ini akan digunakan untuk menyimpan berbagai file mulai dari dokumen, gambar hingga video dari web.

2. Jalankan Installer XAMPP

Jika ruang penyimpanan sudah siap, selanjutnya jalankan installer dari XAMPP yang sudah Anda unduh sebelumnya. Anda bisa mencari installer yang paling baru dari XAMPP agar fitur di dalamnya pun bisa lebih up-to-date.

3. Pilih Bahasa

Cara instal Xampp Mudah

Tahap selanjutnya, akan ada jendela baru yang menandai proses instalasi dimulai. Pada jendela ini Anda akan diminta untuk memilih bahasa. Pilih bahasa yang memudahkan Anda. Kemudian klik tombol ‘OK’.

4. Pilih Komponen yang Akan Digunakan

Cara Menginstal Xampp

Setelah memilih bahasa, selanjutnya Anda akan dialihkan pada jendela dan untuk memilih komponen yang akan Anda gunakan. Untuk server web yang berbasis CMS WordPress, standar yang digunakan adalah MySQL, Apache dan FileZilla FTP.

Selanjutnya untuk bahasa pemrograman, beri tanda centang pada opsi phpMyAdmin, Perl dan PHP. Jika sudah mencentang pilihan tersebut, selanjutnya klik pada tombol ‘Next’.

5. Pilih Lokasi untuk file XAMPP

Lokasi Instalasi Xampp

Pada tahap ini, Anda diminta untuk memilih lokasi dari file XAMPP yang akan Anda install. Untuk memudahkan, pilih saja pengaturan default. Kemudian klik pada tombol ‘Next’ atau tombol ‘Install’.

6. Tunggu Sampai Proses Selesai

Terakhir tinggal tunggu hingga proses instalasi selesai. Indikasi proses instalasi selesai adalah saat progress bar yang ditampilkan di jendela installasi sudah berwarna hijau sepenuhnya. Setelah itu Anda sudah bisa menggunakan software XAMPP ini untuk membantu pengembangan website Anda.


Nah, dengan mengetahui segala hal tentang software web developer ini, mulai dari pengertian XAMPP, bagian, fitur, cara install hingga kelebihan dan kekurangannya, Anda jadi memiliki referensi lebih sebelum memilih software web developer terbaik.

Leave a Comment