√ Pengertian GUI (Graphical User Interface): Sejarah, Fungsi, Contoh dan Kelebihan

Pengertian GUI (Graphical User Interface) merupakan sebuah sistem yang memungkinkan setiap orang, baik itu pemula maupun seorang ahli mengoperasikan komputer dengan lebih mudah.

Istilah GUI ini sebenarnya belum muncul di awal perkembangan komputer, namun sejak hadirnya komputer generasi ke-4 sistem ini mulai dikembangkan.

Mungkin banyak dari Anda pengguna teknologi seperti komputer misalnya, belum mengetahui apa itu graphical user interface. Nah, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian GUI hingga kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian GUI (Graphical User Interface)

Pengertian GUI

Pengertian GUI adalah sebuah sistem antarmuka yang memungkinkan terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer melalui adanya tampilan grafis. Bisa dibilang GUI ini adalah cara pengguna berinteraksi sekaligus mengelola teknologi.

Definisi atau pengertian GUI lainnya didefinisikan sebagai sekumpulan aplikasi dimana semua menu ditampilkan, baik itu ikon atau perangkat penunjuk lainnya. Menu ini digunakan untuk menggantikan perintah-perintah yang diketik. GUI ini bahkan menjadi standar desain dalam pemrograman aplikasi dan software yang berpusat pada pengguna.

Fungsi GUI

Fungsi dari GUI adalah untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan atau mengoperasikan program yang sudah dibuat.

Yang dimaksud memudahkan disini yaitu dengan membuat suatu tampilan gambar-gambar grafik, menu, ikon, form dan lain-lain lebih bagus dan menarik sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan sistem operasi lebih mudah.

Sejarah Perkembangan GUI

Sejarah Perkembangan GUI

Sejarah perkembangan GUI tidak terlepas dari perkembangan awal komputer, dimana perintah yang dijalankan harus diketik melalui keyboard. Hal ini berlaku untuk perintah tertentu atau semua program. Belum lagi, yang bisa menggunakannya pun hanya orang-orang tertentu saja.

1. Xerox Alto

GUI dikembangkan secara masif pertama kali oleh perusahaan XEROX PARC di tahun 1970 dan berdasar pada sistem bernama NLS (oN Line System) yang dikembangkan oleh Douglas Englebart. Hingga kemudian pada tahun 1973, komputer pribadi berbasis GUI pertama diluncurkan bernama XEROX Alto.

Alto ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman pertama yang berorientasi objek bernama Smalltalk. Smalltalk ini dikembangkan oleh tim LRG (Learning Research Group) dari XEROX PARC yang terdiri dari Alan Kay, Dan Ingalls serta Adele Goldberg.

2. Xerox Star

Setelah Xerox Alto, perusahaan ini kembali menghadirkan komputer pribadi yang mirip Xerox Alto. Xerox Star ini bisa dibilang sebagai sistem pertama yang dikenal sebagai komputer desktop dan terintegrasi penuh.

Desain dan konsepnya sama namun dengan bentuk lebih ramping. Di dalamnya juga sudah memiliki antarmuka ‘desktop’, kotak dialog, resize windows serta mouse yang lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Apple LisaOffice System 1

Apple berdiri tahun 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Tahun 1976-1977 Apple mengembangkan Apple I dan II namun sistem yang digunakan masih belum berbasis GUI. Hingga kemudian setelah kunjungan ke Xerox Parc di tahun 1979, tahun 1983 Apple pun merilis komputer berbasis GUI miliknya sendiri yang bernama AppleLisa.

Sistem yang digunakan dikenal dengan Lisa Office System, karena dikembangkan untuk pemrosesan workstation. Lisa sendiri hadir dengan beragam perkembangan yang terbilang lebih baik dibanding Alto. Seperti adanya fitur pull down menus, wastebasket, menu bars dan beragam fitur lainnya.

4. Windows 1

Microsoft yang didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen juga awalnya belum langsung membangun sistem operasi yang berbasis GUI. Baru kemudian pada 1985, sistem operasi pertama Windows yang berbasis GUI lahir bernama Windows 1.

Dari segi tampilan, antara Windows 1 dan AppleLisa sebenarnya tidak terdapat banyak perbedaan. Ini karena kedua perusahaan pernah melakukan pertemuan guna bertukar ide dalam hal pengembangan GUI ini.

Itu tadi adalah sejarah singkat perkembangan GUI. Perkembangan GUI yang terbilang panjang ini tidak bisa menghasilkan satu kesimpulan tentang siapa yang pertama kali mengembangkannya. Meskipun begitu, Douglas Englebart sudah tercatat dalam sejarah dunia sebagai Bapak GUI, karena berkat idenyalah sistem ini mulai dikembangkan.

Kelebihan dan Kekurangan GUI 

Kelebihan dan Kekurangan GUI

Penggunaan sistem antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface) ini memberikan dua sisi, keunggulan dan kekurangan bagi penggunanya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan saat menggunakan sistem antarmuka berbasis GUI.

Kelebihan GUI :

1. Memudahkan Interaksi antara Pengguna dan Komputer

Keunggulan utama dari sistem antarmuka berbasis GUI ini tentu saja dapat memudahkan interaksi antara pengguna dan komputer. Hal ini karena adanya mode grafis yang digunakan tidak akan membuat pengguna merasa bingung saat menggunakan. Dengan begitu, ketika pengguna akan melakukan perintah tertentu, seperti mengedit gambar, jadi lebih mudah.

2. Desain Lebih Menarik

Sistem antarmuka berbasis GUI ini menggunakan mode grafis. Hal ini tentu menjadi kelebihan lainnya karena dengan tampilan grafis tersebut membuat tampilan desainnya menjadi lebih menarik. Belum lagi pengguna juga bisa mengubah sendiri tampilan GUI sesuai yang diinginkan.

3. Mudah untuk Dipelajari

Sistem antarmuka GUI ini membuat pengoperasian pada komputer menjadi lebih mudah dikuasai dan intuitif. Sistem yang menggunakan GUI ini bersifat self descriptive, sehingga feedback yang diberikan juga bisa dilihat secara langsung.

Inilah yang membuat pengguna siapapun bisa dengan mudah mempelajari penggunaannya. Hanya dengan memilih atau klik di salah satu ikon program atau aplikasi, maka aplikasi atau program tersebut langsung berjalan.

4. Lebih Mudah Digunakan

Kelebihan terakhir yang juga menjadi keunggulan utama sistem GUI ini adalah kemudahan dalam penggunaannya. Kemudahan yang dimaksud disini, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, misalnya ketika akan membuka sebuah aplikasi atau program. Tinggal klik pada ikon aplikasi yang akan dibuka, maka aplikasi pun terbuka.

Dengan menggunakan sistem antarmuka ini, pengguna tidak perlu lagi memasukkan perintah melalui CMD. Hanga tinggal klik shorcut ikon, maka perintah pun akan langsung dijalankan.

Kekurangan GUI :

Meskipun menawarkan berbagai keunggulan, ada beberapa aspek yang juga menjadi kekurangan dari sistem antarmuka ini.

1. Diperlukan Memori Lebih Banyak

Salah satu hal yang menjadi kekurangan sistem ini adalah menghabiskan lebih banyak memori. Ini terjadi karena tujuan pembuatan sistem ini adalah ramah pengguna, bukan mengoptimalkan dinner daya. Karena itu, untuk beberapa komputer dengan spesifikasi rendah bisa menghambat dan membuat kinerja menjadi lebih lambat.

2. Membutuhkan Waktu Lebih untuk Beberapa Perintah

Kekurangan lain dari GUI ini adalah ketika akan melaksanakan beberapa perintah atau tugas cenderung membutuhkan waktu lebih lama. Ini karena banyaknya menu yang harus dipilih oleh pengguna. Selain itu, ada banyak pilihan tersembunyi yang harus dicari oleh pengguna sehingga membuat waktu penggunaan pun jadi lebih lama.

3. Daya yang Dibutuhkan Lebih Banyak

Kekurangan terakhir adalah penggunaan daya yang lebih banyak saat pemrosesannya. Tak hanya itu, RAM yang digunakan untuk menjalankan sistem antarmuka ini juga lebih banyak. Inilah yang kemudian membuat penggunaan dayanya pun jadi lebih boros dibandingkan sistem antarmuka lainnya.

Contoh Sistem Antarmuka GUI

Contoh Sistem Antarmuka GUI

Ada beberapa contoh penggunaan sistem antarmuka GUI ini. Jika memperhatikan sejarah perkembangannya seperti yang dijelaskan sebelumnya, dari situ sudah bisa diketahui beberapa contoh yang sudah menggunakan GUI.

1. Windows

Contoh paling sering dijumpai adalah pada Windows. Karena Windows menggunakan GUI, maka ketika Anda akan membuka sebuah program, tinggal klik pada ikon program atau aplikasinya saja. Misalnya akan membuka perintah player, klik saja pada ikon player yang ada di dalam komputer, maka perintah langsung dijalankan.

2. Macintosh (Mac)

Contoh selanjutnya bisa ditemukan pada sistem operasi dari Apple, Macintosh (Mac). Dibandingkan Windows, Mac memang lebih dulu menggunakan GUI. Bukti penggunaan sistem antarmuka ini bisa Anda lihat pada berbagai produk teknologi keluaran Apple yang hingga kini bisa dioperasikan dengan mudah. Ini salah satunya karena penggunaan GUI.

3. Linux

Selain Windows dan Mac, Linux juga merupakan OS yang menggunakan GUI sebagai sistem antarmukanya. Linux sendiri mempunyai banyak desain yang asalnya dari UNIX. Bedanya sistem operasi ini dengan dua contoh sistem operasi yang menggunakan GUI sebelumnya, adalah karena Linux ini bisa menggunakan satu atau lebih antarmuka.

Selain menggunakan GUI, Linux juga menggunakan antarmuka berbasis Command Line interface. Sedangkan GUI sendiri adalah konfigurasi bawaan yang langsung digunakan untuk versi desktop.


Dengan mengetahui pengertian GUI, sejarah perkembangan, kelebihan dan kekurangan serta contoh penggunaannya ini semoga dapat menambah informasi Anda tentang dunia teknologi!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like