Apa itu MP3, MP3 Player dan MP3 320kbps?

Apa itu MP3? Meskipun istilah ini sudah cukup familiar dan tidak asing di telinga, namun mungkin masih ada yang belum paham dengan pengertian. Jika Anda termasuk salah satunya, dan ingin tahu informasi yang lengkap seputar MP3, maka ulasan berikut akan sangat membantu.

Berbicara tentang MP3, pasti Anda akan langsung mengaitkannya dengan file musik dan lagu yang tersimpan di folder musik Anda.

Seperti yang diketahui hampir semua jenis pemutar musik di berbagai perangkat memutar lagu dalam format MP3. Untuk tahu lebih jauh simak penjelasan yang bersumber dari emhapedia di bawah ini.

Apa itu MP3?

pengertian mp3

Sejak dikembangkan pada tahun 1982, hingga saat ini MP3 dikenal sebagai metode terpenting dalam kegiatan penyimpanan dan transfer musik di perangkat PC, smartphone, portable dan MP3 player online.

Pada dasarnya MP3 adalah jenis format file audio yang bisa digunakan untuk menyimpan dan mengkompres audio sehingga ukurannya lebih ringan. File audio pada MP3 dikompres sesuai standar ISO MPEG-1 Audio Layer 3.

MP3 akan menyimpan data lebih sedikit dibandingkan dengan rekaman aslinya karena format audio ini didasarkan pada kompresi file suara yang lossy. Detail yang hilang tersebut tidak akan terdengar telinga manusia karena batasan rentang frekuensi yang dimiliki.

Detail dan komponen sinyal yang tidak bisa didengar tersebut akan di filter selama proses kompresi sehingga hasilnya akan tetap berkualitas.

Selain ukuran yang ringan, salah satu keunggulan MP3 adalah kualitas audio yang tinggi. Dengan menggunakan format MP3, maka keterbatasan ruang penyimpanan di perangkat sudah bukan menjadi masalah.

Selain itu, MP3 memungkinkan untuk pengiriman meta data secara mudah. Yaitu informasi yang berkaitan dengan judul lagu, nama artis, album dan lain-lain. Format Mp3 menjadi yang paling populer digunakan karena didukung oleh hampir semua jenis perangkat.

Baca Juga  Download Driver Epson WF-2528 Terbaru untuk Windows

Apa itu MP3 Player

Apa itu MP3 Player

Jika Anda termasuk generasi 90-an atau 2000-an pasti sudah tidak asing dengan yang namanya MP3 player. Pada era tersebut MP3 player menjadi salah satu perangkat yang populer dan banyak digunakan untuk memutar musik karena dianggap lebih praktis dibandingkan walkman atau discman.

Dengan bentuk yang kecil, MP3 player bisa dibawa kemana-mana secara mudah. Apalagi alat pemutar musik ini juga dilengkapi dengan klip yang memungkinkan untuk menyelipkannya di saku baju atau celana.

Meskipun keberadaan MP3 sempat tersingkir dengan kemunculan ponsel yang bukan hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi saja tetapi juga bisa untuk mendengarkan musik, namun alat ini juga telah berinovasi.

Saat ini MP3 player disediakan dalam kapasitas penyimpanan yang besar, bahkan hingga 32 GB. Sehingga memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai macam lagu dan musik MP3 di dalamnya tanpa perlu khawatir ruang penyimpanan penuh.

Apa itu Mp3 320kbps dan MP3 129kbps?

Apa itu MP3

Perlu diketahui bahwa audio MP3 tersedia dalam berbagai format, mulai dari 92kbps hingga 320kbps. Namun format yang paling umum digunakan adalah 128kbps dan 320kbps. Lantas, apa persamaan dan perbedaannya?

Kedua format MP3 ini sama-sama merupakan format lossy, itu artinya ada beberapa detail yang perlu dihapus ketika mengkonversi MP3. Meskipun sering tidak disadari, namun hal itu juga tergantung dari perangkat pemutar audio yang digunakan.

Keduanya juga sama-sama mempertahankan tag pada audio, seperti judul lagu dan nama artis. Sebagai informasi, file MP3 128kbps lebih kecil dari format MP3 320kbps. Sementara dari segi kualitas audio, MP3 320kbps memiliki kualitas yang lebih bagus dan lebih dinamis dibandingkan MP3 128kbps.

Bagaimana, sekarang tentunya Anda sudah lebih memahami apa itu MP3. Bisa dikatakan bahwa MP3 merupakan format audio yang digunakan untuk menyimpan dan memperkecil ukuran file audio sehingga lebih ringan dan menghemat ruang penyimpanan.

Baca Juga  13+ Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Tanpa Watermark

Leave a Comment