√ Cara Mengecilkan Ukuran PDF Online & Offline [TUTORIAL]

Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan mudah bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Di luar sana ada berbagai macam situs yang menyediakan fitur untuk mengompres ukuran pdf. 

Biasanya mengompres ukuran pdf dilakukan untuk beberapa keperluan seperti lampiran pekerjaan atau CV, attachment email dan lain sebagainya agar tidak over-size.

Oke langsung saja berikut ini cara memperkecil ukuran pdf :

Cara Mengecilkan ukuran PDF Secara Online

1. SmallPdf

mengecilkan ukuran pdf dengan smallpdf

Untuk mengecilkan ukuran pdf dengan smallpdf tentu membutuhkan koneksi internet saat mengoperasikan. Sebab Anda harus membuka layanan demikian untuk dapat mengubah ukuran data yang diinginkan.

Berikut ini adalah tahapan yang harus diikuti dalam pengecilan ukuran data dengan format pdf

  • Tahapan pertama yang harus dilakukan tentu saja Anda harus membuka layanan situs smallpdf terlebih dahulu. Tenang saja situs tersebut bisa di akses disemua jenis operating system dengan mudah
  • Apabila sudah masuk ke halaman utama, nanti akan menemukan banyak menu dan pilih opsi compress pdf
  • Kemudian pilih choose file untuk meng-upload file pdf yang ingin dikecilkan ukurannya.
  • Jika sudah ter-upload, maka akan ada dua opsi yang disuguhkan yakni basic compression (untuk versi gratis) dan strong compression (untuk versi berbayar). Maka pilih yang versi gratis dan klik choose option

proses compress pdf smallpdf

 

  • Setelah itu proses kompres akan berjalan secara otomatis sehingga Anda tidak ribet dan hanya perlu menunggu selesai.
  • Bila angka sudah menunjuk 100% maka ukuran file kini sudah lebih kecil dari sebelumnya. Tahapan di atas sangat mudah diikuti. Jangan lupa klik unduh sekarang untuk mendapatkan data sama dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Proses pun telah selesai.

2. Sodapdf

Cara kedua Anda bisa memanfaatkan situs online Sodapdf. Pada situs ini terdapat banyak opsi yang bisa dilakukan seperti menggabungkan pdf, mengubah jpg ke pdf, merotasi pdf, termasuk untuk mengompres pdf.

Caranya terbilang simpel, secara garis besar Anda hanya perlu meng-upload file pdf dan langsung melakukan pengkompresan. Untuk detailnya bisa lihat tutorial berikut.

menu compress pdf

  • Pilih menu compress pdf

Upload file pdf

  • Kemudian pilih choose file untuk meng-upload file pdf yang hendak di kompress agar ukurannya lebih kecil dari sebelumnya.

Compress pdf

  • Setelah proses upload selesai, Anda akan dihadapkan 3 pilihan : low quality, good quality dan high quality. Maka cukup pilih Good quality dan mulai compress pdf files.
  • Tunggu sebentar hingga proses selain, maka hasil file pdf yang sudah ter-compress bisa langsung di unduh ataupun di kirim ke email yang disertakan.

3. ILovePDF

Situs ILovePDF juga bisa kita andalkan untuk melakukan kompresi ukuran pdf, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti step berikut :

Masuk ke situs ILovePDF

kompress pdf via ILovePDF

Pada menu yang tersedia pilih opsi kompress pdf

unggah file pdf

Tampilan ini kita diminta untuk mengunggah file pdf yang hendak di kompress. Pilih File PDF dan lakukan step selanjutnya.

 

proses kompres pdf

Jika sudah Anda hanya perlu menekan tombol kompres PDF dan proses kompresi akan segera dilakukan. Hasilnya bisa langsung di download begitu prosesnya selesai.

Pada pilihan di atas terdapat opsi kompres ekstrem, kompres yang disarankan dan kompres rendah. Maksudnya apa? Hasil kompresinya akan berbeda-beda tergantung kebutuhan. Jika ingin kualitas yang bagus maka pilihlah opsi kompres yang disarankan.

4. PDFCompressor

Masih dengan memanfaatkan situs online, kali ini kita akan menggunakan PDFCompressor yang bisa diakses dengan mudah di internet. Di situs ini juga tersedia berbagai macam fitur yang bisa dilakukan dengan file pdf.
Berikut ini cara mengecilkan ukuran pdf secara detailnya :
pdfcompressor
  • Dari menu yang ada, pilih tab menu PDF Compressor dan langsung unggah file yang ingin dirubah ukurannya.
unduh kompresan file pdf
  • Saat proses upload, situs langsung akan melakukan proses kompresi secara langsung. Tunggu hingga prosesnya selesai dan file bisa langsung kita unduh dengan ukuran yang lebih kecil.

5. PDF Converter

Situs terakhir yang kita gunakan kali ini adalah PDF Converter. Hampir sama dengan situs pengolah file PDF lainnya, situs ini juga mampu melakukan proses kompresi dengan cukup baik.

Adapun caranya seperti berikut :

mengompres pdf

  • Pilih menu Mengompres PDF , dan mulai upload Pilih File pdf yang mau di kecilkan ukurannya

unduh file kompres pdf

  • Saat Anda melakukan upload file, maka saat itulah proses kompresi dilakukan secara online. Seperti tampilan di atas tertulis bahwa kompresi berhasil dilakukan sebesar 91%. Dari ukuran awal 3.5 MB menjadi 310 KB.
  • Langkah terakhir klik Unduh dan proses selesai

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Secara Offline

1. Adobe Acrobat XI Pro

Melakukan pengecilan ukuran file pdf dapat dilakukan dengan layanan lain. Salah satu di antaranya ialah melalui Adobe Acrobat XI Pro. Jadi pastikan dahulu di dalam komputer atau laptop Anda memiliki aplikasi ini.

Di bawah ini ialah tahapannya:

  • tahapan awal cara mengecilkan ukuran pdf ialah tentunya buka dahulu aplikasi Adobe Acrobat. Apabila sudah membukanya segera buka pula file yang hendak ingin di ubah ukurannya.
  • Tunggu beberapa saat sesaat setelah membuka data yang ingin dikecilkan. Jika tampilan data sudah terlihat maka tahapan berikutnya ialah pencet tombol menu file. Di situ akan terlihat beragam penawaran yang dapat di pilih tapi Anda cukup klik save as other.
  • Sesaat setelah memencet save as other maka akan muncul tulisan reduced size PDF atau bila diartikan artinya kurangi ukuran pdf. Klik menu tersebut.
  • Bila proses di atas sudah dilakukan kini Anda hanya perlu memilih make compatible with. Jangan pilih menu lain, klik saja retain existing lalu klik ok
  • Proses selesai, kini data terkait sudah memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil. Jangan lupa simpan file dengan nama yang baru.

2. Orpalis Pdf Reducer Free

Pada cara mengecilkan ukuran pdf ini membutuhkan bantuan software lain sebagai penunjang. Tak perlu panik sebab Orpalis pdf reducer dapat Anda unduh secara gratis di Google. Berikut urutan setiap pengubahan ukurannya:

  • Tahapan pertama yang terpenting ialah Anda harus memiliki software penunjangnya yakni Orpalis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa aplikasi tersebut dapat di download gratis tanpa biaya. Bahkan ukurannya tidaklah besar sehingga tak akan memakan banyak memori komputer.
  • Setelah berhasil menginstal Orpalis maka tahapan cara mengecilkan ukuran pdf selanjutnya ialah segera buka aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat sampai tampilan utama muncul.
  • Kini Anda sudah berhasil membuka aplikasi Orpalis. Lalu lakukan pengaturan terkait pemilihan file yang ingin di ubah ukurannya. Anda dapat klik options lalu tab general. Pada tab general maka akan terlihat beragam menu. Terkait dengan pengecilan file maka pilih file selection.
  • Urutan langkah berikut ialah memilih file atau data yang hendak di kecilkan ukurannya.
  • Bila sudah ketemu maka segera klik lalu segera langsung proses kompres. Setelah file sudah di masukan maka segera klik tombol start batch. Tunggu sampai proses selesai.

3. Microsoft Word

Siapa sangka bahwa untuk mengubah file pdf menjadi ukuran lebih kecil ternyata bisa dengan memanfaatkan Microsoft word. Setiap komputer atau laptop pasti memilikinya sehingga Anda tak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan untuk memulai proses.

Berikut ini langkah cara mengecilkan ukuran e pdf dengan Ms Word:

  • Tahapan pertama ialah buka Microsoft word pada perangkat Anda. Apabila sudah maka langsung saja masuk ke menu file untuk kemudian memilih file yang hendak di ubah ukurannya.
  • Biasanya file dapat langsung terkonvert ke dalam Microsoft word apabila Anda membuka data pdf menggunakan Office. Maka dari itu ini bisa menjadi langkah otomatis yang memudahkan. Klik ok apabila ada pembertahuan penambahan file.
  • Jika data telah berhasil ditambahkan maka segera ubah format file menjadi pdf dengan cara klik save as lalu pilih dengan format pdf.
  • Bila format sudah kembali menjadi pdf, jangan lupa pula untuk mengatur ukuran file pada minimum size. Setelah pengubahan selesai maka proses pun selesai.

Itulah cara mudah untuk mengecilkan ukuran file pdf baik secara online maupun menggunakan beberapa software yang mungkin sudah terinstal di laptop/komputer Anda. Selamat mencoba!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like