√ 12+ Aplikasi Pembersih Sampah PC Gratis Terbaik (Cleaner PC)

Aplikasi pembersih sampah pc – Bagi pengguna PC/laptop, performa yang ringan dan cepat otomatis akan didapatkan ketika kondisi laptop masih baru. Namun setelah penggunaan seiring berjalannya waktu, tentu saja data yang disimpan dalam laptop menumpuk dan semakin banyak.

Banyaknya data inilah yang menjadikan salah satu alasan lambannya kinerja komputer sehingga dibutuhkannya aplikasi pembersih sampah PC guna menghapus junk dan cache serta untuk kembali memberikan performa optimal bagi komputer dan kinerjanya menjadi lebih cepat.

Berikut beberapa aplikasi pembersih sampah yang direkomendasikan.

1. Ashampoo WinOptimizer

Aplikasi Ashampoo WinOptimizer

Aplikasi pembersih sampah pc pertama yaitu Ashampoo WinOptimizer. Aplikasi ini dikenal sangat powerful dalam membersihkan pc dengan salah satu fiturnya yang disebut dengan 1-click.

Fitur ini mampu mengoptimalkan beberapa fungsi seperti scanning secara tuntas, membersihkan file cache dan juga memberikan space pada hard disk dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu aplikasi ini juga dapat meningkatkan keamanan pada pc dengan mendeteksi file yang terunduh dan kemudian dilakukan pemindaian untuk mengurangi resiko file yang mengandung virus atau malware.

2. Total PC Cleaner

Aplikasi Total PC Cleaner

Aplikasi pembersih sampah PC bernama Total PC Cleaner ini tersedia dalam Microsoft Store pada Windows. Aplikasi ini sangat terkenal bagi pengguna Windows terlebih Windows 10 agar dapat membuat sistem tetap cepat dan ringan.

Penggunaannya yang mudah dengan jendela utama yang hanya memiliki satu halaman untuk scanning membuat aplikasi pembersih sampah pc ini sangat direkomendasikan. Kelebihan lain dari aplikasi Total PC Cleaner selain memiliki tampilan sederhana, berkelas dan mudah digunakan.

Aplikasi ini tentunya gratis untuk diunduh serta penggunaannya tidak akan terganggu dengan adanya iklan maupun malware. Selain itu aplikasi ini mampu bekerja dengan lancar meski pada PCyang berspesifikasi rendah.

3. AVG PC Tune Up

Aplikasi AVG PC Tune Up

AVG PC Tune UP adalah salah satu aplikasi andalan yang sangat powerful dalam membersihkan sampah PC dan memaksimalkan sistem agar tetap sehat.

Tidak hanya memiliki fitur pembersih file, aplikasi ini juga memberikan fitur untuk menutup celah keamanan, meningkatkan performa Windows, serta mampu menghemat penggunaan baterai pada laptop.

Sleep Mode merupakan salah satu fitur terbaik yang ditawarkan dari aplikasi ini. Fungsi dari fitur Sleep Mode yaitu menonaktifkan program yang tidak diperlukan secara sementara, namun akan mengaktifkannya kembali ketika program tersebut dibutuhkan.

Hal tersebut yang dapat menjadikan kinerja serta performa dalam windows menjadi ringan, cepat dan hemat akan daya.

4. Razer Cortex

Aplikasi Razer Cortex

Razer Cortex merupakan aplikasi pembersih sampah pc yang cukup populer terutama pada kalangan para gamer.

Hal ini disebabkan aplikasi Razer Cortex sangat ampuh untuk membersihkan file tidak berguna serta mampu meningkatkan memori akan program yang tidak diperlukan ketika sedang bermain game terlebih pada jenis yang permainan berat.

Aplikasi ini juga memiliki fitur 1-click yang mampu mengoptimize berbagai macam fungsi pada pc dalam waktu yang bersamaan hanya dengan sekali click.

Razer Cortex juga dikenal dalam kalangan gamer karena memiliki fitur Razer Cortex Library yang mampu menyimpan riwayat daftar permainan yang pernah dimainkan serta waktu dan durasi akan permainan secara lengkap

5. Disk Cleanup

Aplikasi Disk Cleanup

Disk Cleanup juga aplikasi pembersih sampah pc bawaan Windows yang tidak kalah bagus untuk laptop Anda. Tanpa mengunduh aplikasi tambahan, Disk Cleanup tetap dapat mengoptimalkan pembersihan sampah-sampah dan memberikan kinerja yang cepat dan ringan pada laptop/pc.

Adapun untuk masuk ke menu ini adalah :

  • Klik tombol start
  • Pilih program
  • Pilih Accessories
  • Pilih System Tools
  • Disk Cleanup

Atau untuk singkatnya Anda bisa mengetikkan Disk Cleanup pada search bar windows 7/8/10.

Aplikasi ini juga 100 persen gratis dan tanpa adanya iklan yang mengganggu. Disk Cleanup mampu secara maksimal membersihkan sampah pc seperti temporary files, cache pada browser, internet files thumbnail serta file lainnya yang tidak berguna pada PC.

Meski merupakan aplikasi bawaan sejak lama, namun tetap tidak mengurangi kinerja aplikasi ini  dalam membersihkan data installan lama setelah update yang sudah tidak berguna.

6. Glary Utilities

Aplikasi Glary Utilities

Aplikasi pembersih sampah PC lain yang juga menjadi andalan yaitu Glary Utilities. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang memiliki berbagai macam fitur dalam mengoptimalkan pembersihan file sampah yang mengendap dalam komputer. Beberapa fiturnya yaitu System Tools serta Privacy and Security Files and Folders.

Salah satu fitur andalan dari Glary Utilities yaitu Clean and Repair. Fitur ini memberikan solusi akan optimisasi sistem dalam perangkat keras serta secara maksimal mampu membersihkan sampah file membandel yang tertinggal dalam komputer.

7. CCleaner

Aplikasi CCleaner

Aplikasi pembersih CCleaner merupakan aplikasi selanjutnya yang mampu mengoptimalkan kinerja sistem pada Windows. Aplikasi ini dapat melakukan pemindaian sampah secara menyeluruh pada pc seperti temporary file, registry scan, dan file cache pada browser.

Selain itu, CCleaner dapat memindai duplikat file yang tidak diperlukan dan menghapusnya dalam sistem. Aplikasi CCleaner memang memiliki versi berbayar, namun juga memiliki versi gratis yang dapat diunduh secara resmi tanpa mengurangi kinerja optimalnya dalam membersihkan hard disk Anda.

Selain dapat mendeteksi tracker pada browser, aplikasi ini juga mampu scanning file-file sampah yang tidak diperlukain usai melakukan aktivitas pada Windows Explorer.

8. Advanced System Optimizer

Aplikasi Advanced System Optimizer

Aplikasi pembersih sampah untuk pc berikutnya yaitu Advanced System Optimizer. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan mampu menjaga kesehatan sistem pada komputer agar tetap optimal. Penggunaan aplikasi ini juga cukup sederhana dengan fungsi yang beragam dan tentunya sangat berguna.

Advanced System Optimizer juga memiliki letak navigasi yang sangat user friendly dimana penggunanya tidak perlu keterampilan khusus untuk menggunakannya.

Selain itu aplikasi ini dapat bekerja tidak hanya pada Windows 10, namun juga dapat membantu membersihkan file tidak berguna pada Windows 8 dan juga 7.

9. Storage Sense

Fitur Storage Sense

Aplikasi pembersih sampah pc selanjutnya yaitu Storage Sense. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari laptop Windows 10 tanpa harus mengunduhnya. Aplikasi ini jika diaktifkan akan secara otomatis membersihkan hard disk Anda ketika sudah mulai penuh.

Anda bisa membukanya dengan cara berikut :

  • Masuk ke Setting
  • Pilih System
  • Klik Storage

Storage Sense juga dapat diatur akan seberapa besar sisa hard disk yang tersisa agar dapat dibersihkan secara otomatis. Selain itu, kelebihan lain dari aplikasi ini, Storage Sense dapat melakukan scanning hard disk secara otomatis maupun manual tanpa memberikan sistem pada perangkat laptop.

Dikarenakan aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan menjadikan penggunaan aplikasi Storage Sense bebas akan bloatware dan bebas iklan. Ditambah, aplikasi ini 100 persen gratis serta tanpa malware.

10. Avast CLean Up

Aplikasi Avast CLean Up

Avast Clean Up merupakan aplikasi pembersih sampah PC yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan sistem antivirus terkenal yaitu Avast Antivirus.

Seperti kesuksesannya dalam membersihkan Virus, perusahaan ini juga mampu mengembangkan sistem pembersih dan boost performa sistem yang sangat optimal.

Aplikasi ini memiliki fitur andalan yaitu deep scan. Fungsi dari fitur tersebut yaitu aplikasi ini mampu memindai file-file sampah dalam sistem Windows serta hard disk, membersihkan, serta memberikan ruang baru pada perangkat keras untuk file berguna lainnya.

11. SlimCleaner

Aplikasi SlimCleaner

SlimCleaner merupakan aplikasi pembersih sampah pc yang sangat direkomendasikan bagi para pengguna pc atau laptop.

Sesuai dengan namanya, aplikasi SlimCleaner tergolong sangat sederhana untuk digunakan namun tetap tidak kalah menarik dan sangat fungsional dalam membersihkan sampah, junk, serta temporary files yang mengendap dalam komputer.

Kelebihan lain akan aplikasi ini, SlimCleaner juga mampu memeriksa kesehatan akan perangkat penyimpanan, serta memantau ancaman keamanan dengan memindai secara keseluruhan akan adanya bahaya yang berpotensi merusak perangkat pc maupun komputer Anda.

12. Advanced SystemCare Free

Aplikasi Advanced SystemCare Free

Aplikasi ini juga tidak kalah luar biasa dibandingkan pembersih-pembersih file lainnya. File cache, temporary files serta mendeteksi serta menghapus spyware dapat dilakukan secara maksimal oleh aplikasi ini guna mengoptimalkan sistem pada komputer.

Advanced SystemCare Free merupakan aplikasi pembersih sampah pc yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi yang bernama IObit dimana perusahaan ini memiliki konsen untuk mengembangkan berbagai aplikasi Windows Utility. Aplikasi ini memiliki beragam fitur seperti Startup Optimization, Disk Optimization dan System Optimization.


Itulah 12 pilihan aplikasi pembersih PC yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kinerja dan mengembalikan spcae harddisk akibat terlalu banyak junk, cache maupun file-file yang memperberat komputer. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like