Cara Mengatasi Error Code 006 Pada Printer

Cara Mengatasi Error Code 006 – Pengguna printer Canon terutama ip2770 atau printer lain Mp250/Mp230/Mp280/Mp287 yang menggunakan catridge bertipe 810/811, mungkin pernah mengalami kendala serupa service tool v3400 error code 006.

Jika terjadi kendala seperti ini, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan bahwa driver yang diinstal harus driver series aslinya atau driver utama, jadi bukan driver hasil copy.

Cara Mengatasi Error Code 006 Service Tool

Error Code 006 Service Tool

Jadi untuk mengatasi error code 006 ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, selain dengan memastikan menginstal dengan driver aslinya Anda juga harus melakukan reset printer secara manual seperti langkah berikut :

1. Pastikan Printer dalam Keadaan Off

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat melakukan reset manual adalah pastikan printer dalam keadaan off atau mati. Meskipun dalam keadaan mati, tapi pastikan kabel power masih terpasang dengan benar.

Jika sudah, selanjutnya tekan tombol Resume dan tahan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol power.

Ingat! Saat menekan tombol resume + power, tunggu sampai lampu indikator berwarna hijau menyala dan jangan melepasnya terlebih dahulu.

Baca juga :

2. Lepaskan Tombol Resume

Tahap selanjutnya lepaskan tombol resume, namun jangan melepaskan tombol power.

Jika sudah, dalam keadaan tombol power masih ditekan, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol resume sebanyak 5 kali dan tahan kedua tombol tersebut.

Pada tahap ini, lampu indikator akan menyala secara bergantian antara orange dan hijau. Adapun pada akhirnya nanti yang nyala terakhir adalah warna orange.

3. Lepaskan Tombol Power dan Resume Bersama

Jika sudah menyala warna orange, lepaskan secara bersamaan tombol power dan resume yang sebelumnya Anda tekan. Setelah itu, lampu indikator led akan berkedip sebentar dilanjutkan menyala penuh.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error 0x80070570 Pada Windows

Pada keadaan ini, biasanya pada komputer yang Anda gunakan akan mendeteksi adanya perangkat keras baru. Abaikan notifikasi hardware baru terdeteksi yang muncul di komputer.

Nah, ketika lampu indikator led sudah berhenti di warna hijau, langsung jalankan software resetter di komputer Anda.

4. Jalankan Program Resetter

Jika sudah pada tahap ini, selanjutnya adalah mulai menjalankan software resetter. Langkah resetter ini harus dilakukan setelah Anda melakukan reset printer secara manual.  Berikut langkah-langkah menjalankan resetter.

  • Extract File Resetter

Langkah pertama Anda harus mengekstrak file resetter terlebih dahulu. Setelah itu, Anda juga harus menyiapkan 2 lembar kertas di dalam printernya. Jika sudah, jalankan software resetter-nya.

  • Klik pada Menu ‘Main’

Jika sudah, selanjutnya pilih menu ‘Main’ maka printer Anda akan mulai memproses dan akan mencetak satu lembar bertuliskan ‘D=000.0‘.

Kemudian lanjutkan dengan klik pada menu ‘EEPROM. Setelah itu, printer akan mencetak hasil resetter pada perangkat printer tersebut.

  • Matikan Printer

Langkah terakhir tinggal matikan printer dengan kembali menekan tombol power. Maka proses resetter pun selesai. Anda bisa mencoba mengecek ulang apakah masih terdapat error 006 saat menggunakan printer.


Demikianlah cara mudah mengatasi error code 006 service tool dengan memastikan drivernya dan juga melakukan resetting seperti langkah diatas. Semoga bisa membantu dan bermanfaat!

Leave a Comment