√ Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing – Pesan error kadang bisa dijumpai saat kita menjalankan sistem operasi windows, hal ini dikarenakan banyaknya file dan sistem yang bekerja di dalamnya. Namun sebagai pengguna awam hal tersebut sering membuat bingung karena ketidaktahuan di sebelah mana sistem yang sedang bermasalah.

Salah satunya error yang kerap terjadi adalah mengenai api runtime. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada cara mengatasi error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang bisa dilakukan ketika pesan error tersebut muncul.

Berikut merupakan langka yang tepat dan sesuai untuk mengatasi program error demikian di sistem operasi Windows.

1. Install / Repair Visual C++

Ada dua hal yang bisa Anda lakukan, jika belum mempunyai Visual C++ sebaiknya anda menginstall-nya terlebih dahulu, namun jika sudah ada sebaiknya anda coba untuk melakukan repair.

a. Proses Instalasi Visual C++

Proses Instal Visual C++

Hal pertama yang bisa Anda bisa lakukan adalah melakukan pemasangan aplikasi Visual Credits, sebab di awal instalasi Windows kadang file ini tidak turut dipasang. Biasanya ia dipasang secara mandiri oleh pengguna, berikut merupakan langkahnya:

  • Cari aplikasi Visual C++ di situs resmi milik Microsft, kemudian unduh
    file legal yang ada di dalamnya.
  • Buka aplikasi, dan mulailah pemasangan. Jangan lupa berikan ceklis pada kolom accept license agreement.
  • Lakukan proses instalasi dan tunggu sampai benar-benar selesai, sebelum berpindah ke aktifitas sistem operasi lain.
  • Setelah proses instalasi selesai, restart perangkat komputer Anda sebelum mulai digunakan kembali.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa versi, dan jika Anda kebingungan untuk memilih mana yang tepat, sesuaikan dengan jenis Windows yang Anda miliki.

b. Proses Repair Visual C++

Proses Repair Visual C++

Apabila Anda sudah memiliki aplikasi visual credits sebelumnya, itu  berarti terdapat masalah dalam aplikasi yang digunakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan repairing atau perbaikan dengan langkah berikut ini:

  • Buka menu control panel, Anda bisa mencarinya melaui kolom search atau pencarian.
  • Pada ikon Program, pilih menu yang bertuliskan program and features.
  • Cari aplikasi dengan nama visual credits, biasanya diikuti dengan versi yang ia miliki.
  • Klik kanan aplikasi tersebut, kemudian klik change dan klik lagi repair.

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan pesan eror yang kerap muncul di dekstop perangkat komputer Anda. Jika masih terus muncul, Anda bisa memulai ulang langkah repair sebelumnya atau melakukan install aplikasi Visual Credits terbaru.

3. Install NET Framework

Proses Instal NET Framework

Walaupun tidak berhubungan secara langsung, namun pesan eror yang memiliki tulisan crt runtime juga bisa diatas dengan melakukan instalasi dengan aplikasi NET Framework. Untuk melakukan pemasangan yang sesuai dengan prosedur, berikut langkah mudah untuk melakukan instalasi NET:

  • Di situs Windows resmi, carilah aplikasi NET Framewok kemudian lakukan pengunduhan. Akan lebih baik apabila Anda mengunduh versi yang paling baru agar fiturnya lengkap dan bisa digunakan semua.
  • Buka aplikasi, jika terdapat kolom license tinggalkan centang di kolom yang telah disediakan.
  • Lakukan penginstalan secara normal, kemudian tunggu hingga selesai. Jika sudah, coba restart dulu perangkat komputer Anda sebelum digunakan kembali.

4. Lakukan Update Windows

Update Windows

Selanjutnya adalah melakukan update pada sistem operasi Windows yang Anda miliki, karena siapa tahu telah terjadi masalah di bagian sistemnya. Melakukan update pada Windows juga dinilai lebih mudah menyelesaikan masalah, karena banyak aplikasi lain yang juga akan melakukan update.

Anda bisa menggunakan Windows versi terbaru untuk mencegah terjadinya pesan eror muncul kembali di perangkat yang Anda miliki, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu settings pada aplikasi Windows, kemudian pilih menu update and security.
  • Di menu tersebut, Anda akan menemukan fitur update sistem operasi khusus, yakni check for updates.
  • Periksa terlebih dahulu jaringan internet yang Anda miliki, pastikan sudah menyala dan memiliki kuota untuk melakukan unduhan. Akan lebih baik apabila Anda juga menyediakan charger jika terlihat bahwa proses akan berjalan lama.
  • Periksa apakah updates telah tersedia, jika sudah Anda bisa langsung mengetuknya dan menunggu proses update sampai selesai.
  • Jika benar sudah selesai, sebaiknya lakukan restart terlebih dahulu pada perangkat komputer tersebut untuk memulihkan sistem. Setelahnya, Anda baru dapat menggunakannya seperti semula.
  • Periksa apakah pesan error tersebut masih muncul, karena jika masih muncul coba lakukan install aplikasi Visual Credits sebelumnya.

Penyebab Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll Is Missing

Permasalah error Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll Is Missingbiasanya muncul ketika Anda hendak menginstal sebuah program meskipun proses instalasi sudah sesuai seperti aturan.
Adapun penyebabnya bisa bermacam-macam, diantaranya adalah :

1. Registry Corrupt

Penyebab yang pertama ini biasa terjadi karena Anda menginstal sebuah software yang mana registry didalamnya ada yang corrupt. Selain itu registry ini seringkali dianggap virus oleh antivirus sehingga dihapus secara otomatis.

Alhasil saat penginstalan berlangsung sistem akan menginformasikan pesan eror akibat adanya registry yang hilang atau corrupt tersebut.

2. File DLL hilang

Bisa juga akibat hilangnya file dll akibat kita menghapusnya tanpa sengaja. Karena file dll juga kerap dideteksi sebagai virus yang akirnya diperingatkan untuk mengahapusnya. Oleh karea itu jika terdapat notif yang berisi penghapusan file dll sebaiknya di abaikan saja.

3. Setting yang salah

Pengaturan yang salah saat kita menginstal aplikasi juga bisa menyebabkan munculnya error Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll Is Missing


Itulah cara mengatasi error Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll Is Missing yang bisa saja muncul saat Anda hendak menginstal sesuatu pada sistem operasi windows. Semoga bisa membantu dan bermanfaat!

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like