Apa itu MP4? Ternyata ini Perbedaannya dengan MP3!

Jika Anda penikmat video dan sering mengunduh file video dari internet, pasti sudah tidak asing dengan pilihan format yang tersedia di dalamnya. Yaitu format MP4 dan MP3. Lantas, apa itu MP4 dan apa perbedaannya dengan MP3?

Meskipun keduanya sama-sama dikembangkan oleh MPEG (Moving Picture Experts Group), namun kedua format berkas penyimpanan ini rupanya tidak sama. Untuk mengenal lebih jauh tentang format MP4 dan perbedaannya dengan MP3, silakan simak informasinya di bawah ini.

Mengenal Apa itu MP4

Mengenal Apa itu MP4

Secara garis besar, MP4 merupakan sebuah format berkas penyimpanan file yang bisa digunakan untuk menyimpan audio, gambar, video, hingga teks dan subtitle. File Mp4 juga dikenal sebagai file video MPEG-4.

Saat ini file MP4 sudah didukung secara default pada berbagai perangkat, seperti iPhone, iPad Apple, Android hingga perangkat PC. Untuk membuka file MP4 pun sangat mudah karena bisa langsung diputar di perangkat masing-masing.

Perbedaan MP4 dan MP3

Perbedaan MP4 dan MP3

Format berkas penyimpanan MP4 dan MP3 jelas berbeda. Karena MP3 tidak mendukung berkas foto maupun video sehingga hanya bisa efektif untuk berkas audio saja. Sedangkan MP4 bisa digunakan untuk penyimpanan audio, gambar, video hingga subtitle dan teks.

Dengan demikian maka format MP3 paling cocok untuk menyimpan berkas audio sementara format MP4 paling ideal untuk menyimpan berbagai macam konten video, seperti klip, film dan lain-lain. Adapun perbedaan antara MP4 dan MP3 bisa dilihat dari beberapa aspek berikut:

1. Tahun Perilisan

Sejarah pengembangan MP3 sudah dimulai sejak tahun 80-an dan merupakan hasil dari penemuan-penemuan yang telah dilakukan sebelumnya. MP3 sendiri dirilis pertama kali pada tahun 1991, kemudian dikembangkan dalam format yang baru di tahun 1994.

Baca Juga  17+ Aplikasi Graffiti Android Terbaik untuk Pemula dan Pro

Sedangkan format berkas penyimpanan MP4 masih terbilang baru karena dirilis pada tahun 2000-an, tepatnya di tahun 2003.

2. Perangkat yang Kompatibel

Terkait dengan perangkat yang kompatibel, pada pemutar MP3 maka hanya mendukung untuk memutar jenis file audio saja. Sementara pada MP4 bisa diputar menggunakan perangkat yang mendukung untuk pemutaran audio dan video.

3. Jenis Format yang Didukung

Pada penjelasan mengenai apa itu MP4 sudah disebutkan bahwa format penyimpanan multimedia ini bisa digunakan untuk berbagai file audio, gambar dan video hingga teks. Selain itu, juga bisa digunakan untuk berbagai jenis format ekstensi.

Mulai dari .mp4, .m4r, m4v, m4p, m4a dan m4b. Sedangkan pada format berkas penyimpanan MP3 hanya terbatas digunakan untuk menyimpan file audio saja dan menggunakan ekstensi berupa .mp3.

4. Fleksibilitas Format Berkas

Jika dilihat dari segi kegunaan dan fungsinya, maka format MP4 jauh lebih fleksibel karena sudah mendukung semua bentuk file multimedia. Sedangkan pada MP3 hanya mendukung file audio saja sehingga kurang fleksibel.

5. Penyimpanan Data

Pada MP4, ruang penyimpanan yang dibutuhkan di perangkat biasanya lebih besar karena format ini bisa menampung semua jenis media menjadi satu. Sedangkan MP3 membutuhkan ruang penyimpanan yang cenderung lebih kecil karena hanya mendukung format audio saja.

Meski begitu, perbedaan dalam hal ruang penyimpanan antara MP4 dan MP3 tergantung dari ukuran masing-masing format penyimpanan tersebut. Semakin tinggi resolusi video MP4, maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Demikian juga dengan ukuran format MP3. Semakin tinggi bit rate yang digunakan, maka akan semakin besar kapasitas ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Terkait dengan pengertian apa itu MP4, maka dapat disimpulkan bahwa MP4 merupakan sebuah format berkas penyimpanan yang secara khusus digunakan untuk menyimpan konten berupa video, gambar, hingga teks. Oleh karena itu, ruang penyimpanan yang dibutuhkan relatif lebih besar dari MP3.

Baca Juga  Apa itu MP3, MP3 Player dan MP3 320kbps?

Leave a Comment